Sabtu, 20 April 2024

Dispora Jatim Akan Bentuk Puslatda POPNAS

Diunggah pada : 20 September 2017 17:26:23 7

Jatim Newsroom-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur mewacanakan membentuk progam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda), yang diproyeksikan untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Hal ini didasarkan dari pelaksanaan POPNAS XIV 2017 Jawa Tengah, dimana kontingen Jawa Timur hanya 10 hari melalukan persiapan untuk semua cabang olahraga (cabor).

"Sebenarnya kita sudah sesuai prosedur. Menjaring atlet terbaik bekerjasama dengan pengurus provinsi semua cabor, melalui popda, popwil dan single even, regional. Hanya saja, waktu pemusatan latihan sangat minim, paling tidak minimal tiga bulan. Untuk itu, ke depan akan kita benahi lagi progam pemusatan latihan," ujar Kepala Dispora Jawa Timur, Supratomo, dihubungi di Surabaya, Rabu (20/9).

Di sisi lain, kontingen DKI Jakarta dan Jawa Barat yang notabene menjadi pesaing berat Jawa Timur, banyak diperkuat oleh atlet-atlet jebolan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). "Semoga ke depan kita memoles atlet melalui puslatda dan PPLP diperbanyak untuk pembinaan atlet muda," katanya.

Meski dengan persiapan singkat, dia menjelaskan, atlet Jawa Timur berjuang maksimal di POPNAS XIV 2017. Semua yang sukses meraih medali baik emas, perak maupun perunggu, merupakan aset Jawa Timur yang akan terus dibina. "Ini merupakan atlet lapis dua atau tiga bagi Jawa Timur, sudah bagus. Ke depan akan kita tingkatkan pemusatan latihan," tandas Supratomo.

Hingga hari ke-10 lalu pelaksanaan POPNAS XIV 2017 Jawa Tengah, kontingen Jawa Timur menambah dua medali emas. Pertama dari cabor panahan nomor Divisi Nasional Beregu Putra atas nama Vistor Habibullah, Naufal Rajendra Santoso, Rhafshanjanie Prawira). Satu keping emas lagi diperoleh cabor tarung derajat atas nama Agung Tri dari kelas 53,1-57 kg putra.

Selanjutnya, Mohammad Saifudin Zam Zami menyumbangkan medali perak dari cabor pencak silat di kelas  F 59–63 kg putra. Dua medali perak lainnya, cabor senam atas nama atlet Herlingga Pramesti dari kelas Simpai Ritmik putri dan Nanda Aisyah Nur nomor Gada Ritmik putri.

Untuk cabor tarung derajat, kotingen Jawa Timur pada hari ini mendulang empat medali perunggu. Masing-masing oleh Aryo Pandu kelas 37,1-41 kg putra, Nur Azizah kelas 49,1– 52 kg, Riska Maulin kelas 43,1-46 kg,  Bagoes Andika kelas 45,1-49 kg. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait