Selasa, 16 April 2024

Disperindag Gelar Pasar Meriah Kreatif

Diunggah pada : 24 Mei 2018 21:59:24 2

Jatim Newsroom– Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur menggelar pasar meriah kreatif sembako, produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan kuliner makanan minuman di halaman kantor Disperindag  di Surabaya 24-25 Mei 2018.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jawa Timur, Saiful Jasan  saat membuka Gebyar Pasar Meriah Kreatif mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang memerlukan kebutuhan bahan pokok pada Ramadan dan Indul Fitri 1439 H dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan ini memberikan peluang dan kesempatan kepada masyarakat khususnya dilingkungan sekitar Disperindag untuk membeli sembako, produk IKM dan kuliner mamin yang disediakan di pasar meriah ini dengan harga yang wajar tetapi kualitasnya terjamin bagus..

Sesuai dengan fungsinya Disperindag adalah untuk mengawal perdagangan di Jawa Timur yang diharapkan berdampak bisa menjaga dan mengendalikan inflasi didaerah. Diharapkan kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat serta para karyawan istansi pemerintah dan swasta disekitar Disperindag.

Tidak bisa dipungkiri pada Ramadan sampai dengan Idul Fitri telah terjadi kenaikan-kenaikan harga terutama beras dan kebutuhan bahan pokok lainnya, maka pemerintah terus berupaya membantu masyaakat dengan menyediakan bahan pokok melalui pasar meriah seperti ini dengan harga terjangkau. Melalui pasar meriah ini diharapkan bisa berampak masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan ber-Idul Fitri dengan tenang serta gembira..

Untuk menjaga stok dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok, pemerintah mengupayakan beberapa hal, seperti mengidentifikasi kebutuhan bahan pokok masyarakat dengan melakukan koordinasi dari berbagai pihak seperti dengan Bulog untuk mengetahui berapa banyak stok baik berasal dari panen sektor pertanian dan  perkebunan.   

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga murah. Di pasar meriah ini juga menyediakan barang-barang dengan harga yang terjangkau seperti beras dijual dengan harga mulai Rp 9.000-11.000/kg, telur ayam cukup mrah hanya Rp 19.000, daging ayang Rp 29.500/ekor dengan berat 9,5 gram, minyak goreng Rp 12.500/liter, buah-buahan dan kue kering untuk Udul Fitri.

Gebyar pasar meriah yang diikuti 50 pedagang akan berlangsung dua hari mulai Kamis  sampai Jumat  24-25 Mei 2018 dan  dibuka mulai pukul 08.00- 15.00. (ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait