Disnakertrans Jatim Miliki Fitur Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

UMUM | 18 Jan 2019 10:14:58 PM

Disnakertrans Jatim Miliki Fitur Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Jatim Newsroom- Diawal tahun 2019, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim merilis fitur terbaru Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur. Fitur SOS Panic Button ini merupakan inovasi teranyar melengkapi aplikasi SimPadu-PMI yang telah diluncurkan sebelumnya yang berjaya menyandang Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik The Best Province 2018.

Fitur SOS Panic Button ini bisa memproteksi bagi PMI setelah pulang dari luar negeri  saat memasuki Bandar Udara di dalam negeri sampai masuk pintu rumah PMI tinggal di kampung halaman.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja, Budi Rahardjo  yang mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov.Jatim., mengatakan, fitur SOS Panic Button bertujuan untuk memberikan bantuan dalam kondisi darurat serta mengeliminir permasalahan yang ada saat sebelum, selama dan setelah PMI kembali ke tanah air, dalam situasi ini rawan terjadi kejahatan yang menimpa para pahlawan devisa ini, seperti perampokan, kecopetan, pemerkosaan, pelecehan dan ancaman kejahatan lainnya.

Fitur ini dirancang untuk memudahkan PMI mendapatkan akses informasi dan bantuan jika terjadi situasi kritis dari kriminalitas dan sakit berupa tindakan atau ambulance. Dengan terobosan pelayanan purna bagi PMI ini juga memudahkan petugas untuk melayani, menjemput, mendata sampai menyiapkan moda angkutan yang aman sampai tujuan tiba di rumah.

"Komitmen kami Disnakertrans.Prov.Jatim, selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jawa Timur yang ingin bekerja di luar negeri dengan mengikuti prosedur yang resmi, dengan demikian ada jaminan dan kepastian perlindungan dari pemerintah, PMI itu pahlawan devisa, kami wajib melayani dengan baik" urai Budi Rahardjo, Jumat (18/01).

Fitur SOS Panic Button ini didesain competeble untuk android versi 8,0. cara mengaksesnya, unduh aplikasi SimPadu-PMI di play store, setelah tepasang lalu scrol ke bawah pilih fitur Helpdesk Juanda lalu buka, pilih menu SoS Panic Button lalu klik dan daftar dengan melengkapi data  berupa nomor handphone dan paspor, lanjut klik Ok berarti telah registrasi.

Jika prosedur ini telah diikuti maka tunggu sampai ada notifikasi balasan anda sudah terdaftar dengan tulisan selamat anda sekarang sudah terdaftar di fitur menu Sos Panic Button HelpDesk Juanda Disnakertrans Jatim.  Pastikan penggunaannya untuk kondisi mendesak/emergency. Penggunaan Fitur Menu Sos Panic Button jika terjadi masalah/emergency selama perjalanan PMI pulang ke daerah maka dengan menekan fitur menu tersebut, laporan diterima oleh admin dan segera diteruskan ke satgas Counter PMI Disnakertrans Prov.Jatim di Bandara Juanda.

Petugas Disnakertrans Jatim akan menghubungi pekerja migran bermasalah. Bila diperlukan, berbekal GPS petugas Disnakertrans Jatim akan mendatangi, bahkan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Disnaker Kab/Kota untuk membantu dan memberikan pelayanan yang diperlukan. "Di tahun 2019 ini kami akan terus melakukan inovasi untuk pelayanan yang mudah diakses oleh masyarakat khususnya bagi PMI di Jatim" pungkas Budi. (pno)

Views 6273
Web Statistic