Dinkes Ngawi Jelaskan Faktor Penularan HIV/AIDS

UMUM | 18 Feb 2019 08:12:35 PM

Dinkes Ngawi Jelaskan Faktor Penularan HIV/AIDS

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi menjelaskan beberapa faktor yang banyak menyebabkan penularan HIV/AIDS di masyarakat. Di antaranya berganti-ganti pasangan, tidak menggunakan alat kontrasepsi dan penggunaan narkoba menggunakan jarum suntik.

Faktor penyebab penularan paling banyak karena hubungan seks bebas. Karena itu, kami imbau warga Ngawi untuk tidak melakukan hubungan seks bebas, setia kepada pasangan, dan menggunakan kondom. Selain itu, faktor lainnya adalah menggunakan narkoba karena penggunaan jarum suntik narkoba secara bergantian,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Ngawi, Djaswadi, Senin, (18/1).

Ia menjelaskan fakta menarik dari penyebaran HIV/AIDS di Ngawi adalah ibu rumah tangga menjadi penyumbang tertinggi kedua jumlah penderita HIV/AIDS d Ngawi yakni mencapai 150 orang. Sebagai langkah pengobatan para pengidap ODHA telah diberikan obat ARV.

Penyebaran informasi tentang pencegahan dan bahaya HIV/AIDS juga intensif digaungkan secara terus-menerus. Sehingga perilaku masyarakat dapat berubah dan akhirnya kasusnya dapat ditekan,” tandansya.

Sebagai informasi, Dinkes Ngawi mencatat sejak pertama kali ditemukan pada 2002 hingga Januari 2019 ada sebanyak 586 orang dinyatakan positif HIV/AIDS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 162 orang di antaranya telah meninggal dunia. (luk/s)

Views 12255
Web Statistic