Rabu, 24 April 2024

Dinkes Jatim Minta Masyarakat Sukseskan TOSS TB

Diunggah pada : 21 Maret 2018 17:53:15 6

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur  meminta masyarakat menyukseskan program Temukan Tuberkulosis Sampai Sembuh (TOSS) yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Peran serta masyarakat secara aktif sangat dibutuhkan untuk menekan angka penyebaran penyakit Tuberkulosis atau dikenal dengan sebutan TBC.

“Siapapun yang anda lihat mengalami gejala TB, langsung diajak ke Faskes baik Puskesmas maupun rumah sakit agar tidak menyebar kemana-mana. Ini bagian dari langkah mencegah penularan TB,” kata Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso, Rabu, (21/3).

Ia menjelaskan dukungan lintas sektor untuk menyukseskan TOSS TB sangat diperlukan terutama komitmen kepala daerah di kabupaten/kota agar memprioritaskan penanganan TB dalam rencana pembangunan strategis.

“Tidak cukup hanya dukungan verbal, namun juga langkah konkret seperti alokasi anggaran yang cukup. Selain itu, kami berharap masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar,” terang Kohar.

Seperti diketahui, TBC adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosa. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh. (luk)  

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait