Diklat Prajabatan untuk Tingkatkan Profesionalisme Aparatur

UMUM | 17 Apr 2018 10:27:45 AM

Diklat Prajabatan untuk Tingkatkan Profesionalisme Aparatur
Foto : Naryo JNR

Jatim Newsroom - Diklat Prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Aparatur Sipil Negara (ASN) dilaksanakan untuk membawa perubahan secara signifikan ke arah yang lebih baik. Selain itu, meningkatkan ilmu pengetahuan, membentuk sikap perilaku yang baik dan meningkatkan profesional aparatur dalam melayani masyarakat.

Kepala Badan Diklat dalam sambutan yang dibacakan Kepala Bidang Diklat Kompetensi Manajerial Badan Diklat Prov Jawa Timur, M Sulu mengakan, diklat prajabatan merupakan salah satu syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi PNS 100 persen. Maka, dalam melaksanakan diklat pola baru yang paling penting harus penuh semangat, mengikuti perubahan dan membentuk karakter sikap perilaku yang lebih baik.

Birokrasi saat ini dituntut profesional untuk memberikan pelayanan yang baik. “Ucapkan salam dan memberi senyum kepada masyarakat yang dilayaninya,” ujarnya saat membuka Diklat Prajabatan yang Diangkat Dari Formasi Khusus dan Pegawai Tidak Tetap Golongan II Angkat 102 dan 103 serta Golongan III Angkatan 123 Pemprov Jawa Timur 2018 di Badan Diklat Prov Jawa Timur, Senin (16/4) sore.

Diklat yang singkat ini diharapkan mampu membawa pencerahan bagi peserta dalam menghadapi tugas-tugas ke depan yang komplek tersebut harus mempunyai motivasi dan tanggung jawab dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik.

Menurut Sulu, diklat prajabatan ini sesuai amanat Undang Undang (UU) No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PP No 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS dan keputusan kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) No 16 Tahun 2015 tentang Formasi khusus CPNS yang diangkat dari golongan II dan III Tahun 2018.

Melalui perubahan regulasi Undang-Undang (UU) tersebut, diklat prajabatan sebagai salah satu syarat utama untuk diangkat sebagai PNS. Ada dua persyaratan untuk diangkat menjadi PNS yaitu harus mengikuti diklat prajabatan dan harus dinyatakan lulus. Kemudian syarat kedua harus dinyatakan sehat dengan bukti surat keterangan sehar dari dokter. Oleh sebab itu, jika para peserta diklat ingin hidupnya ingin sehat resepnya adalah jaga pola pikir, pola makan dan pola hidup harus baik.

Kepala Sub Bidang Diklat Kompetensi Prajabatan dan Kader Pemerintahan Daerah Badiklat Jatim, Asti Endang Sri Ismawati mengatakan, Diklat Formasi Khusus dan Pegawai Tidak tetap CPNS Golongan II angkatan 102 dan 103 diikuti oleh 156 orang dan golongan III angkatan 123 sebanyak 11 orang. Peserta diklat adalah tenaga kesehatan, bidan, tenaga penyuluh pertanian dan semuanya berasal dari Kabupaten Jember. (ryo/p)

Views 13
Web Statistic