Kamis, 28 Maret 2024

Di Surabaya, Liponsos Keputih Alami Overload

Diunggah pada : 14 Maret 2016 16:27:20 156

Jatim Newsroom -  UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos), Dinas Sosial Kota Surabaya menyebutkan bahwa Liponsos Keputih, Sukolilo saat ini dalam kondisi “overload”. Tempat yang seharusnya cukup untuk menampung 650 orang yang memiliki masalah sosial, kini harus ditempati oleh 1.544 orang.

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo, Senin (14/3) mengatakan, sebagian besar penghuni didominasi oleh penderita ganguan jiwa atau psikotik yang mencapai 600 jiwa, dan selebihnya adalah orang jompo, tuna, wisma, PSK, anak jalanan serta pengamen yang ditangkap oleh petugas dan banyak yang berasal dari luar Kota Surabaya.

Banyaknya penderita psikotik yang tidak terurus dan datang dari berbagai daerah ke Kota Surabaya, menjadi penyebab membludaknya penghuni. Para psikotik tersebut setelah ditangkap petugas, terpaksa ditampung di Liponsos Keputih.

Saat ini, untuk mengatasinya, Pemkot Surabaya memanfaatkan lahan kosong dan ruangan yang kosong serta melakukan penambahan bangunan yang saat ini tengah dalam proses pembangunan di tempat penampungan yang memiliki lahan seluas 7.250 meter persegi.

Meski overload, pihaknya berjanji layanan yang diberikan tetap optimal dengan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna sebanyak 3 kali sehari serta hunian sementara yang layak dan bersih.

Menurutnya, jumlah penghuni akan bisa terus bertambah, karena petugas Satpol-PP terus melakukan razia terhadap gelandangan dan pengemis yang sebelumnya banyak bertebaran di Surabaya. Selain itu banyak dari keluarga penderita ganguan jiwa yang tidak mau menampung walaupun orang tersebut sudah sembuh, sehingga pihak liponsos keputih akan menampung mereka kembali. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait