Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris di Malang dan Surabaya

UMUM | 19 Jun 2017 02:43:22 PM

Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris di Malang dan Surabaya

foto; afr jnr

Jatim Newsroom – Tim Datasamen Khusus 88 Antiteror  dari Markas Besar Polri bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur hari ini, Senin (19/6) berhasil mengamankan dua terduga teroris di Malang dan Surabaya, Jawa Timur. Keduanya yang diketahui jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi merupakan jaringan dari kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah).

"Hari ini Tim Datasemen Khusus 88 Mabes Polri menangkap terduga teroris, satu di Malang, satu orang di Surabaya. Keduanya jaringan Abu Jandal," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, Senin (19/6).

Salah satu terduga teroris yang itu berinisial SM, ditangkap di Malang pada Senin pagi tadi. SM diketahui berangkat ke Suriah bersama Abu Jandal, pentolan ISIS asal Malang, dan pernah mengikuti pelatihan militer di negara basis ISIS. "SM kembali ke Indonesia bersama Junaidi, sudah ditangkap," ujar Barung.

Siangnya, lanjut dia, Densus bergerak ke Surabaya dan menangkap ATM di sebuah rumah di Jalan Raya Kenjeran II, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. "Dia pernah ikut deklarasi ISIS di Mega Mendung, Malang,"  lanjut Barung.

Dia memastikan, dua terduga teroris itu adalah jaringan Abu Jandal. Abu Jandal adalah pentolan ISIS asal Indonesia yang pernah menantang Panglima TNI melalui YouTube beberapa tahun lalu.

"SM ditahan di Mako Brimob Malang, sementara SM ditahan di Surabaya. Saat ini masih dilakukan penggeledahan di Kenjeran, untuk pengumpulan barang bukti," kata Barung. (afr)

Views 599
Web Statistic