Danlantamal V Siap Sukseskan Operasi Satgas 115

UMUM | 14 Aug 2019 03:05:51 PM

Danlantamal V Siap Sukseskan Operasi Satgas 115

Jatim Newsroom - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin Menteri Susi Pudjiastuti mulai mencanangkan Operasi Satgas 115. Operasi tersebut merupakan upaya kegiatan penegakan hukum dalam pemberantasan Ilegal Unreported Unregulated Fishing (IUUF).
 
Dalam menyikapi kebijakan tersebut, Komandan Lantamal V, Laksma TNI Tedjo Sukmono menegaskan dukungannya dalam pelaksanaan operasi tersebut. Hal itu disampaikannya usai mengikuti Rakor Sektor Operasi Satgas 115 dan Focus Group Discussion (FGD) di Provinsi DI Yogyakarta.
 
"Kami dari Lantamal V beserta jajaran  akan mendukung Satgas  115 sepenuhnya. Terutama dalam mengembangkan dan melaksanakan operasi penegakan hukum sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya pada JNR, Rabu (14/8).
 
Hal ini, lanjutnya,  dilakukan  dalam upaya pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah laut yurisdiksi Indonesia. Khususnya di wilayah kerja Lantamal V secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel dan peralatan operasi yang dimiliki.
 
Rakor Satgas 115 dan FGD yang digelar sejak, Selasa (13/8) kemarin hingga hari ini dibuka Menteri Susi Pudjiastuti sebagai Komandan Satgas 115. Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan, Satgas 115 ikut berpartisipasi menaikkan perekonomian Indonesia dengan meningkatkan nilai PDB perikanan.
 
Menurut Susi, Satgas 115 ternyata selama setahun terakhir ini telah melakukan tindakan atas pencurian ikan bukan hanya mengenai permasalahan di sektor kelautan dan perikanan saja. Melainkan juga menyangkut kegiatan kriminal lainnya, sehingga diperlukannya sinergitas antar instansi terkait.
 
Rakor ini selanjutnya membahas tentang Satgas pemberantasan IUUF yang diputuskan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 19 Oktober 2015 melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 115 Tahun 2015. Perpres tersebut merupakan tonggak pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal atau disebut juga illegal fishing.
 
Kegiatan juga dihadiri Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 yang juga Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Wuspo Lukito, Koordinator Staf Khusus Satgas 115 Mas Achmad santoso, dan Kepala Sekretariat Satgas 115 Agus Suherman. Hadir pula Panglima Kaormada lll Laksda TNI I.N.G Ariawan, Direktur Oprasi Satgas 115 Laksma Krisdiyanto, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Lotaria Latief, dan Dirpolair Polda DIY Kombes Pol Mansjur.(afr/s)

Views 6313
Web Statistic