Selasa, 23 April 2024

Cuaca Baik, Produksi Garam Rakyat Sumenep Lampaui Target

Diunggah pada : 21 November 2018 19:41:42 75

Jatim Newsroom  - Produksi garam rakyat tahun 2018 di Kabupaten Sumenep Madura telah melebihi target. Hingga saat ini, produksi garam rakyat mencapai 235 ribu ton lebih.

"Yang ditargetkan produksi garam tahun 2018 sebesar 225 ribu ton. Jadi produksi garam rakyat hingga saat ini sudah melampaui target," ujar Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arief Rusdi, Rabu (21/11).

Diungkapkannya bahwa tingginya produksi garam rakyat tahun ini disebabkan karena cuaca mendukung. Musim kemarau cukup panjang, sehingga produksi garam bisa maksimal. "Karena Iklimnya mendukung. Produksi garam rakyat tahun ini juga lebih tinggi dibanding tahun lalu. Tahun lalu produksi garam sekitar 232 ribu ton," tuturnya.

Menurutnya garam rakyat tersebut diproduksi oleh petani garam di delapan kecamatan di Kabupaten Sumenep. Empat kecamatan di wilayah daratan, yakni Saronggi, Pragaan, Gapura, dan Kalianget. Sedangkan empat kecamatan lagi berada di wilayah kepulauan, yakni Giligenting, Raas, Sapeken, Arjasa.

"Diperkirakan produksi garam rakyat itu kemungkinan masih bisa bertambah, karena masih ada daerah sentra produksi garam yang belum tuntas memanen garam. Tetapi ada juga yang sudah mengakhiri masa produksinya," imbuh Arief Rusdi. (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait