Jumat, 29 Maret 2024

Cegah Demam Berdarah, Masyarakat Diimbau Terapkan PHBS

Diunggah pada : 6 Desember 2018 21:46:10 112

Jatim Newsroom -  Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeroto Kabupupaten Ngawi, Agus Harianto mengimbau masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Hal ini penting dilakukan sebagai langkah pencegahan kasus demam berdarah.

“Selama bulan November 2018, kami merawat 41 pasien demam berdarah. Dari jumlah tersebut, satu pasien di antaranya meninggal dunia,” kata Agus, Kamis, (6/12).

Ia memprediksi jumlah pasien demam berdarah tersebut masih akan bertambah seiring dengan memasuki musim hujan. Demam berdarah tidak hanya didominasi anak-anak, namun juga orang dewasa.

“Warga dan orang tua diminta untuk waspada jika anaknya atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba demam tinggi dan muncul bintik-bintik merah di kulit, terutama bagian tangan dan kaki. Lebih baik segera dibawa ke puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya untuk mengetahui penyebab demam tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, upaya lain yang dapat dilakukan adalah pembasmian sarang nyamuk (PSN) dan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Menurutnya, PSN dinilai lebih efektif untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. PSN dilakukan dengan menguras bak air kamar mandi, menutup tempat-tempat air dan mengubur tempat-tempat air yang tidak dipergunakan. (luk/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait