Jumat, 29 Maret 2024

Cegah Covid-19, Ditbinmas Polda Jatim Luncurkan Podcast Cak Bimo

Diunggah pada : 14 Juli 2020 19:27:06 16

Jatim Newsroom - Dalam mendukungn program Kampung Tangguh Semeru, Ditbinmas Polda Jatim meluncurkan program baru, Podcast Cak Bimo. Cak Bimo merupakan akronim dari Cangkrukan Binmas Modern.

“Melalui Podcast Cak Bimo ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga kita semua dapat memenangkan peperangan melawan virus ini sebagaimana Bima dan saudara-saudaranya dalam Pandawa Lima memenangkan peperangan Bharatayuddha,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (14/7/2020).

Ia menjelaskan, istilah cangkrukan mungkin masih terasa sangat asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, bagi masyarakat di Jawa Timur khususnya arek-arek Suroboyo dan sekitarnya, cangkrukan merupakan istilah yang sangat populer dan merakyat.

Cangkrukan dikenal sebagai suatu istilah yang menggambarkan aktivitas diskusi, nongkrong bareng, ngobrol bareng. Para pelakunya juga tidak memandang usia, anak-anak kuliahan, pengangguran, bapak-bapak yang sedang ronda, atau gabungan dari semuanya.

Menurutnya, budaya nyangkruk adalah sebuah bukti kuatnya sistem interaksi yang berkembang di masyarakat. Di dalamnya terdapat diskusi dan silaturahmi.

Bimo (Binmas Modern) sebagai salah satu perwujudan visi Polri yaitu Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). "Melalui Cak Bimo ini, Ditbinmas Polda Jatim berusaha untuk selalu dekat dengan masyarakat walaupun dalam situasi dan kondisi yang terbatas sebagai dampak adanya Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi," katanya. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait