Selasa, 16 April 2024

Bupati Jember Serahkan SK Kenaikan Pangkat

Diunggah pada : 25 April 2018 15:53:18 12

Jatim Newsroom - Sebanyak 998 ASN/PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember menerima Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat untuk periode 1 April 2018. Upacara penyerahan dipimpin langsung oleh Bupati dan Hj. Faida, di Aula PB Soedirman Jember, Rabu (25/4).

Dalam arahannya, Bupati Faida menginstruksikan agar dalam tahun politik saat ini ASN bersikap netral dan tidak neka-neka dengan terlibat sebagai tim sukses calon. Jadikan pilkada sebelumnya sebagai pelajaran. PNS (ASN) jangan terlibat sebagai timses calon maupun tim apa pun dalam pilkada. PNS harus bekerja sesuai tupoksinya sehingga bisa melayani masyarakat.

Bupati bersama wakil bupati menyerahkan secara langsung SK dengan tujuan agar tidak ada pungli yang diterima PNS Pemkab Jember. Dari 1.026 PNS yang mengajukan kenaikan pangkat, hanya 998 yang SK-nya disetujui BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Sedangkan 38 SK masih belum diterbitkan dengan berbagai permasalahan.

Kehadirian bupati dan wabup untuk menyerahkan SK kenaikan pangkat secara langsung dan memastikan pada kenaikan pangkat tidak ada pungli. “Jika ada yang dipungli, silakan laporkan ke kami. Kami akan mengganti tiga kali lipat," ujarnya.

Ditambahkan Bupati, kenaikan pangkat ASN adalah penghargaan yang diberikan bagi yang telah memenuhi syarat yang ditentukan tanpa terikat jabatan sepanjang tidak melampaui pangkat atasan. Ada juga kenaikan pangkat pilihan berdasar kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil.

Sementara dari 38 SK yang belum diterbitkan BKN, bupati mengatakan bahwa 8 SK tertunda namun dipastikan akan segera terbit. Tetapi ada 30 yang memang belum bisa diterbitkan karena adanya persyaratan yang kurang.

Adapun SK pengangkatan ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 ada 1.181 pengajuan dan disetujui BKN 1.105 atau sekitar 93 persen. Sedangkan tahun ini dari 1.026 yang mengajukan telah disetujui 988 atau 96 persen. Sehingga kinerja dari PNS di Pemkab Jember sudah semakin baik. (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait