Jumat, 29 Maret 2024

BUMN Pelabuhan Siapkan Infrastruktur Program Tol Laut

Diunggah pada : 25 September 2017 16:11:03 2

Jatim Newsroom- Tiga badan usaha milik negara telah mengembangkan berbagai infrastruktur pelabuhan untuk mendukung program tol laut yang menjadi salah satu prioritas pemerintahan. Ketiga BUMN, yakni PT Pelindo I, PT Pelindo II  dan PT Pelindo III.

Senior Vice President Marketing dan Government Relation PT Pelindo III, Sugiono mengatakan, saat ini perusahaan mengelola 17 pelabuhan yang tersebar di di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan dan Kalteng. Lima diantaranya masuk dalam program Tol Laut yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Sampit, Pelabuhan Banjarmasin, dan Pelabuhan Kupang.

Di Tanjung Perak, saat ini sudah dibangun infrastruktur dengan pengerukan alur laut dengan kedalaman dari 8,5 meter menjadi 13 meter, sehingga bisa menambah volume singgah kapal berbobot mati 20.000-50.000 Dwt. "Pengembangan fasilitas pelayanan dilakukan di Pelabuhan Sampit, Banjarmasin, Kupang, Terminal Peti Kemas Surabaya berupa penambahan container crane masing-masin berkisar 2-6 unit," ujarnya, Senin (25/9).

Dengan penambahan fasilitas tersebut tingkat troughput atau penanganan kontainer di lima pelabuhan Tol Laut tersebut bisa meningkat signifikan. Total investasi yang dialokasikan Pelindo III untuk pengembangan Tol Laut mencapai sekitar Rp 4,5 triliun selama 2017-2019. Sementara pada tahun 2011-2017 telah dialokasikan sekitar Rp 12 triliun.

Selain infrastruktur, Pelindo III juga ikut menyukseskan Program Rumah Kita, yaitu bekerjasama dengan Bulog dan Pelni untuk mendistribusikan kebutuhan pokok di wilayah terpencil, terluar dan terdepan (3T). Hasilnya, lewat Tol Laut dan Rumah Kita saat ini harga semen di wilayah NTT sudah bisa diturunkan menjadi Rp 47.500 zak dari sebelumnya di atas Rp 55.000 pe zak. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait