Kamis, 25 April 2024

Bulak Fest 2016, Telkom Gratiskan Layanan Wi-fi

Diunggah pada : 4 April 2016 12:59:16 16

Jatim Newsroom- Keberadaan Sentra Ikan Bulak di pesisir pantai utara Kenjeran Surabaya menjadi daya tarik tersendiri sebagai sebuah icon, bukan hanya icon wisata, namun juga sentra kuliner berbasis ikan. Hal ini menggerakkan Telkom untuk ikut berkontribusi melengkapi keberadaan kawasan ini dan menjadikannya sebagai satu Kawasan Digital Pesisir Pantai.

General Manager Telkom Surabaya, M.Nasrun Ihsan, Minggu, (3/4) mengatakansebagai sebuah ekosistem digital, kawasan ini cukup lengkap untuk dijadikan sebagai satu kawasan digital. Ada sentra UKM nya, ada playground nya, ada icon wisatanya, ditambah lagi sebentar lagi jembatan pariwisata THP yang sedang dibangun akan selesai.

Sebagai tahap awal, sambil menunggu beberapa icon yang sedang dibangun disitu rampung, Nasrun melengkapi kawasan Sentra Ikan Bulak itu dengan akses wifi.id di 3 lokasi dengan speed masing-masing disediakan 20 Mbps. "Selama berlangsungnya #BulakFest2016 ini, akses wifi.id nya kami free kan,silakan dipergunakan" tambahnya.

Menurutnya, akses wifi.id ini sebetulnya akan bisa digunakan free seterusnya bagi pelanggan Indihome, dengan beberapa ketentuan atau hanya dengan menambah Rp 10.000 per gadget per bulan. Karena pada dasarnya, setiap pelanggan bisa mengakses wifi.id dimanapun termasuk di kawasan Sentra Ikan Bulak ini hanya dengan menambah biaya berlangganan Rp 10.000 per gadget per bulan".

Ke depan, Nasrun juga sudah punya rencana menjadikan Sentra Ikan Bulak ini menjadi satu Kampung UKM Digital di Surabaya, setelah sebelumnya, Maret lalu, dia baru saja meluncurkan Kampung UKM Digital Tas Gadukan Surabaya.

"Di sentra ikan Bulak ini saya liat selain produksi krupuk hasil laut, ada kerajinan kerang dan beberapa produk olahan  laut yang barangnya bisa ditawarkan melalui skema e-commerce ke depan," katanya.

Dengan penjualan melalui e-commerce ini, produk-produk perikanan laut dan hasil-hasil olahan ikan bisa segera didistribusikan ke pasar yang membutuhkan. Seperti diketahui, ikan kaya dengan Omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan otak anak, meningkatkan kecerdasan, imunitas, dan daya ingat. “Ke depan, Indonesia butuh the future generation yang cerdas dan mampu bersaing di pentas persaingan global,” tambahnya.

Dalam program Kampung UKM Digital ini, Telkom membantu pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern,”tambahnya.

Untuk mewujudkan ini, pihaknya tidak bisa melangkah sendirian, dan dia mengajak komponen Pentaholix yang ada di dalamnya untuk ikut serta mewujdukannya, mulai dari Akademisi, Business, Community, Government, dan Media. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait