Buku Potret Ibu Gubernur Khofifah Resmi Diluncurkan

UMUM | 17 Nov 2021 08:09:18 PM

Buku Potret Ibu Gubernur Khofifah Resmi Diluncurkan

Jatim Newsroom- Buku berjudul 'Ibu' karya  fotografer senior di Surabaya, Trisnadi Marjan resmi diluncurkan di Gedung Negara Grahadi Surabaya,  Selasa (16/11/2021) malam.
 
Trisnadi mengatakan, buku ini berisi perjalan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menjabat sebagai Menteri Sosial RI (2014-2017) hingga menjadi gubernur. "Buku ini kami persembahkan kepada ibu gubernur atas dedikasinya menjadi pemimpin publik," katanya. 
 
Trisnadi menceritakan, awal mula dirinya membuat buku tersebut yakni pada pertengahan 2020. Ia banyak mengumpulkan foto Khofifah sejak menjabat sebagai Mensos RI (2014-2017) hingga menjadi Gubernur Jatim.
 
"Sejak tahun lalu, ada ratusan ribu foto Bu Khofifah yang saya kumpulkan, sejak menjadi Mensos sampai menjabat Gubernur Jatim," ucap Trisnadi.
 
Trisnadi mengaku, dalam menyusun buku tersebut, ia melibatkan fotografer senior Surabaya lainnya yakni Eric 'Ireng' untuk memilih foto-foto terbaik. Selain itu, Trisnadi juga meminta tolong kepada Sinta Nuriyah Wahid (istri Gus Dur) untuk menuliskan kata pengantar dalam buku tersebut.
 
Selain itu Trisnadi juga melibatkan penulis  Surabaya bernama Fatimatuz Zahroh. "Saya juga terima kasih ke Bu Sinta Wahid menulis kata pengantar dalam buku ini. Bu Sinta bisa menyempatkan menulis, dan saya terharu," ujar Trisnadi.
 
Trisnadi menceritakan satu momen yang tak terlupakan saat memotret Khofifah di Puncak Jaya, Papua pada tahun 2015. Saat itu, Khofifah yang menjabat Mensos RI tengah kunker di Kabupaten Puncak Jaya, Distrik Mulia.
 
Salah satu momen yang di ceritakan di buku itu adalah, saat Gubernur Khofifah yang menjabat sebagai Mensos mengunjungi Puncak Jaya Papua, padahal saat itu suasana konflik KKB sedang memanas. 
 
"Bu Khofifah oleh bapak Kapolda diizinkan dua jam di daerah itu, dan Bu Khofifah merupakan menteri pertama setelah Indonesia merdeka 70 tahun yang mendatangi lokasi tersebut," tutur Trisnadi. (hjr)

Views 900
Web Statistic