Brimob Berhasil Disposal 75 Bom Hasil Penggerebekan Teroris

UMUM | 16 May 2018 09:04:40 PM

Brimob Berhasil Disposal 75 Bom Hasil Penggerebekan Teroris
Foto : afr JNR

Jatim Newsroom - Satuan Brimob Polda Jatim dari Unit Penjinak Bom (Jibom) berhasil mendisposal sebanyak 75 bom yang berhasil diamankan dari belasan terduga teroris yang ditangkap di wilayah Jawa Timur. Dari jumlah bom yang diledakkan, 31 buah bom jenis pipa (16 buah telah terangkai dan 15 buah belum terangkai) dan 43 bom cangkir sudah terangkai.

Selain itu, disposal pula sebanyak 2 kilogram (kg) bahan peledak yang sudah jadi dan 5 kg belerang, serta lima kg corcoal atau arang. "Disposal sudah dilakukan oleh Brimob di Pusdik Brimob Watukosek pukul 14.00 WIB siang tadi. Semua berjalan aman dan lancar. Semua barang bukti bom dan bahannya sudah dimusnahkan," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (16/5) petang.

Proses disposal dilakukan oleh 11 personel Brimob dipimpin Kapusdik Brimob Watukosek, Kombes Pol Eko Nugrohadi. Sebelum diledakkan, Unit Jibom terlebih dahulu melaksanakan pengecekan barang bukti bom dan bahan peledak yang ada.

Pengecekan dilakukan termasuk menghitung kembali dan memastikan jumlah barang bukti yang akan didisposal. Lalu, Unit Jibom mengujicoba sample peledakan bom pipa dan bom gelas dengan inisiator detonator untuk mengetahui fregmentasi dari ledakan.

Selanjutnya proses disposal dilakukan sebanyak lima peledakan dengan menggunakan sumbu ledak 6 meter dan 6 detonator. Proses peledakkan selesai sekitar pukul 17.19 WIB dan ditutup oleh Waka Pusdik Brimob Watukosek, AKBP Erick Sully. (afr/s)

Views 504
Web Statistic