Kamis, 18 April 2024

Brigade Penolong Pramuka Meriahkan Atraksi Parade Senja Grahadi Surabaya

Diunggah pada : 18 Juni 2019 15:14:00 28

Jatim Newsroom - Sebanyak 75 anggota Pramuka yang tergabung dalam Brigade Penolong (BP) 1315 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo tampil memeriahkan unjuk gelar atraksi Parade Surya Senja di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (17/06) sore.

Personil dari Search And Rescue (SAR) nya Praja Muda Karana ini menyajikan peragaan simulasi pertolongan pada bencana kebakaran dan angin puting beliung. Relawan muda dari  GP Kwarcab Sidoarjo ini selain telah mendapatkan pendidikan dan  pelatihan dasar tentang bantuan pertolongan, juga supervisi dari BP. 1315 GP. Kwarda Provinsi Jawa Timur.

Dalam unjuk gelar atraksi, selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu unsur tim relawan terutama dari unsur Pramuka, selain itu dalam simulasi ini juga untuk melatih kesiapsiagaan dan kecakapan serta ketrampilan dalam operasi yang sesungguhnya.

Ketua GP. Kwarcab. Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menjelaskan BP. 1315 Delta Sidoarjo ini para personil yang tergabung dalam regu penolong Pramuka ini tentulah sudah mengantongi pelatihan yang memadai dan kiprahnya sudah terbiasa dalam memberikan bantuan pertolongan khususnya pada bencana angin puting beliung yang biasa melanda di wilayah Kabupaten Sidoarjo selama ini.

"Simulasi pertolongan dari BP.1315 Sidoarjo ini juga memberikan motivasi kepada anggota untuk tetap berlatih dan siap diterjunkan saat terjadi bencana bersama komponen relawan lain baik di Jawa Timur maupun khususnya Kabupaten Sidoarjo yang sering dilanda bencana angin puting beliung dan para anggota Pramuka ini sudah terbiasa melakukan bantuan pertolongan" terang Nur Ahmad yang juga menjabat Wakil Bupati Sidoarjo ini, usai atraksi unjuk gelar. 

Apresiasi yang tinggi diberikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dewi Juniar Putriatni yang bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang digelar setiap tanggal 17 sore ini, seraya mengungkapkan kekagumannya kepada anggota Pramuka yang tergabung dalam regu penolong Pramuka ini sehingga jika terjadi bencana maka bersama dengan regu relawan lain siap diterjunkan membantu memberikan pertolongan di daerah bencana khususnya di Sidoarjo atau di Jatim.

Perempuan Pejabat Eselon II ini juga percaya setiap Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten dan Kota di Jatim juga telah memiliki Regu Penolong Pramuka ini sehingga bisa bersinergi dengan komponen lainnya bekerja sama memberikan pertolongan di daerah bencana. Sedangkan dalam penampilan simulasi ini, mereka telah menunjukkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam memberikan bantuan pertolongan.

"Atraksi simulasi pertolongan pada bencana dari Pramuka Sidoarjo ini bagus sekali menunjukkan kesiapan dalam memberikan pertolongan ini bisa ditiru oleh daerah lain dan tentu sudah ada di Kabupaten lain, hanya mereka belum diundang untuk atraksi unjuk gelar tampil di Parade Senja ini" ungkap Dewi yang juga salah satu pembina Saka Wana Bhakti ini.

Dalam atraksi unjuk gelar sebelumnya menampilkan Drum Band (DB) TK.Islam Nurul Qur'an Surabaya, DB. TK. Telkom. Kota Pasuruan, DB. SMPN I Kabupaten Tulungagung. Bertugas selaku Komandan Upacara M. Syafi i Firmansyah Anggota Menwa. Ubhara. Surabaya. Peserta upacara terdiri dari Kompi SMA GIKI 3 Surabaya, MTs. Al Jadid Waru Sidoarjo, SMK Mahardhika Surabaya dan diiringi Korp. Musik Satpol. PP Prov. Jatim. (pno/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait