BPTP Jatim Kembali Dirikan Taman Teknologi Pertanian

UMUM | 15 Mar 2019 04:47:51 PM

BPTP Jatim Kembali Dirikan Taman Teknologi Pertanian

Jatim Newsroom- BPTP Jawa Timur kembali mendirikan Taman Teknologi Pertanian (TTP). Kali ini TTP Dillem Wilis Trenggalek yang merupakan TTP ke empat berlokasi di daerah pegunungan tepatnya di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, TTP Dillem Wilis Trenggalek. TTP ini menjadi salah satu icon wahana edukasi pertanian di Kabupaten Trenggalek.

Komoditas utama TTP Dillem Wilis Trenggalek adalah Sapi Perah dan Kopi. Mengawali kegiatan TTP Dillem Wilis di tahun ketiganya ini, di gelar pelatihan olahan berbasis susu dan kopi. Sasaran peserta kegiatan ini adalah Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Bendungan. Sebanyak 50 Orang Kelompok Wanita Tani Kecamatan Bendungan hadir dalam kegiatan pelatihan.

Acara pelatihan olahan berbasis susu dan kopi di buka oleh Suyamto yang merupakan Tenaga Ahli BPTP Jawa Timur, mewakili Kepala BPTP Jatim. Turut hadir dalam acara Plt UPT Taman Sains Pertanian Trenggalek, Sunyoto, SP.

Dalam sambutannya, Suyamto berpesan setelah pelatihan peserta dapat memproduksi sendiri keju mozarella, yoghurt dan produk olahan kopi dengan memanfaatkan ketersediaan sumber daya susu dan kopi yang melimpah di Kecamatan Bendungan. Berharap akan lahir pebisnis wanita yang handal di bidang olahan susu dan kopi di Kecamatan Bendungan.

Acara ini digelar selama 2 hari (14-15 Maret 2019), materi yang di sampaikan adalah Pembuatan Keju Mozarella dan Yoghurt, dengan pemateri Widi Roseli, SE dari BBPP Songgoriti Batu. Pembuatan Lulur Kopi, Masker Kopi dan Sabun Kopi dengan pemateri Fitria Rachmawati, S.Farm, Apt. dari UPT Materia Medica.

Antusias peserta sangat nampak, dengan keaktifan mereka dalam setiap sesi praktek yang dilakukan. Harapan ke depan, Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Bendungan dapat menduplikasi ilmu yang di dapat dari pelatihan dan mengembangkannya untuk lebih memperluas usaha produksi olahan berbasis Susu dan Kopi. Sehingga  dapat menjadi salah satu sumber penghasilan untuk lebih mensejahterahkan kehidupan rumah tangga Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Bendungan. (jal)

Views 2244
Web Statistic