Jumat, 29 Maret 2024

BI Malang Bentuk TP2DD Digitalisasi Ekonomi

Diunggah pada : 19 April 2021 20:48:40 94

Jatim Newsroom - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Dalam masa pemulihan ekonomi nasional (PEN), tren transaksi dalam bentuk digital semakin gencar dilakukan.
 
Secara nasional, hingga tanggal 15 April 2021, sudah ada 182 TP2DD yang terbentuk. Berdasarkan jumlah tersebut, 24 di antaranya adalah di Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Timur.
 
“Untuk wilayah kerja KPwBI Malang, sampai saat ini. Yang telah membentuk TP2DD adalah Kabupaten Probolinggo,” ujar Kepala KPwBI Malang Azka Subhan, Senin (19/04/2021).
 
Guna untuk mendorong pembentukan TP2DD di enam Kota/Kabupaten lainnya, KPwBI Malang telah melakukan kunjungan ke sejumlah daerah.
 
“Saat ini, Kabupaten dan Kota Malang, serta Kota Probolinggo sedang dalam proses pembuatan SK pembentukan TP2DD. Sedangkan Kota Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan akan melaksanakan koordinasi. Yakni dengan tim teknis dari Bank Indonesia untuk melakukan penyusunan draft SK pembentukan TP2DD,” kata Azka.
 
Ditambahkannya, tren digitalisasi tersebut juga sejalan dengan visi Sistem Pembayaran Bank Indonesia (SPI). Yakni mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital. Salah satunya, program elektronifikasi, termasuk di dalamnya elektronifikasi transaski pemerintah daerah (ETPD).
 
“Program ETPD memiliki peran yang sangat krusial dalam mendorong pembangunan di daerah melalui peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Selain dapat meningkatkan PAD, ETPD juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Serta, perbaikan kualitas ease of doing business melalui pelaporan dan pembayaran pajak online,” tutur Azka.(ryo/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait