Kamis, 28 Maret 2024

Berterimakasih Pada Masyarakat, Gubernur Berangkatkan 81 Bus Mudik Gratis

Diunggah pada : 22 Juni 2017 10:30:13 0

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, memberangkatkan 81 bus mudik gratis yang digelar pemerintah provinsi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Kamis (22/6) pagi di sisi frontage Jl A Yani Surabaya.

Saat memberangkatkan, Gubernur Soekarwo, mengatakan mudik gratis Pemprov Jatim ini sebagai bentuk rasa terimakasih pemprov kepada masyarakat Jatim yang telah membantu dalam berbagai hal, seperti dalam ketahanan pangan dan perekonomian.

"Terimaksih pada rakyat Jawa Timur, ini sebagai thanksgiving atau rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah membentuk Jawa Timur yang khas , masyarakat yang rukun guyub dan saling menghargai," tutur Pakde Karwo sapaan Gubernur Soekarwo.

Selain itu, Pakde Karwo juga mengungkapkan tiga alasan mengapa Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi 210 ribu masyarakat untuk mudik gratis pada tahun ini yang diklaim sebagai mudik gratis terbesar di dunia.

"Pertama, masyarakat Jawa Timur berjasa untuk Indonesia dan Jawa Timur. Indonesia telah dibantu ketahanan pangannya oleh Provinsi Jawa Timur, karena hampir seluruh Indonesia bagian timur dan kalimantan produk makanannya adalah dari provinsi ini,"katanya.

Kedua, menurutnya, masyarakat Jawa Timur telah menyumbangkan suasana aman dan nyaman di Indonesia yang tiga hingga empat tahun berturut-turut kepada provinsi Jawa Timur. Dan ketiga masyarakat Jatim mampu memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia bagaimana berlalu lintas yang sopan antara sopir bis, kapal dan kereta api.

Kepada para pemudik, Pakde Karwo berpesan agar mampu mebawa nilai-nilai baik di perkotaan untuk dibawa ke pedesaan. Sebaliknya pemudik juga mampu membawa nilai-nilai yang baik dari pedesaan untuk dibawa kembali ke perkotaan, yaitu suasana guyub, rukun, kompak dan suasana saling toleransi antara sesama masyarakat.

"Inilah yang dinamakan perkawinan budaya atau akulturasi budaya  yang sangat baik yang menimbulkan Jawa Timur menjadi daerah yang ramah,"ujarnya.

Gubernur juga meminta pada para pemudik untuk menjaga suasana spritual dan moral sebagai bentuk taat dan loyalitas pada orang tua yang tetap ditanamkan pada anak cucunya dan lingkungannya."Proses mudik ini adalah proses spritual, tidak ada didunia sebaik proses spritual dan moralitas di dunia Islam,"pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi, menjelaskan bahwa total bus mudik gratis 2017 yang diberangkatkan melalui kantor  Dinas Perhubungan Jawa Timur sebanyak 173 bus yang dibagi dua hari.

"Untuk hari pertama (Kamis, 22/6/2017), diberangkatkan 81 bus dan hari kedua (Jumat, 23/06/2017) sebanyak 93 bus. Sedangkan penumpang yang diangkut pada hari pertama ini sebanyak 4.445 orang menuju ke 20 tujuan kota di Jawa Timur,"ujarnya. (mad) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait