Kamis, 28 Maret 2024

BERI MAKAN SEBELUM ENAM BULAN PICU OBSTRUKSI USUS PADA BAYI

Diunggah pada : 8 Oktober 2015 15:52:44 2021

Jatim Newsroom- Memberi makanan pendamping bayi sebelum usia enam bulan, bisa mengakibatkan bayi mengalami infeksi pada ususnya hingga obstruksi usus atau penyempitan dari anastomosis atau segmen dari saluran pencernaan yang menghalangi perlintasan normal bahan makanan atau limbah.

Kepala SMF/Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU dr Soetomo, dr Sjamsul Arief SpA(K) MARS mengatakan, meski sosialisasi tentang permasalahan itu terus dilakukan, tetapi masih banyak masyarakat mengabaikan hal tersebut dan memberi makanan pendamping sebelum bayi berusia enam bulan.

Rendahnya pemahaman masyarakat dalam perawatan bayi dan masih banyak di antara mereka yang merawat bayi berdasarkan resep turun temurun berdampak pada kesehatan bayi mereka yang terancam. Obstruksi usus sendiri adalah keadaan dimana usus bayi mengalami penyumbatan atau terhambatnya aliran normal pada usus.

 “Banyak kasus yang kami tangani disini mulai tahap infeksi yang ditangani dengan pengobatan hingga obstruksi yang harus dilakukan pembedahan. Penyebab utamanya pemberian makanan pendamping terlalu dini dan tidak sesuai usia. Tapi paling banyak ditangani adalah bayi harus menjalani pembedahan karena obstruksi,” papar Sjamsul, kamis (8/10)

Yang baik menurut dr Sjamsul, bayi baru lahir hingga enam bulan cukup diberikan ASI atau dibantu dengan susu formula jika memang produksi ASI ibu tidak mencukupi. Tetapi sebagian ibu sudah memberikan makanan pendamping saat bayi usianya masih di bawah enam bulan, seperti diberi pisang, papaya hingga nasi tim.

“Ada juga kasus bayi baru berusia di bawah satu tahun tapi sudah diberi makanan yang kasar, seperti nasi yang tidak di tim, diberi tempe atau daging ayam yang tidak dihaluskan,” tutur Sjamsul.

Pencernaan dan enzim bayi baru siap untuk mencerna makanan saat berusia enam bulan. Jika sebelum usia enam bulan sudah diberi makanan pendamping atau jenis makanan pendamping tidak sesuai dengan usia bayi, maka makanan itu tidak dapat dicerna dengan baik sehingga menumpuk di usus hingga mengakibatkan infeksi dan penyumbatan usus

“Jika sampai terjadi maka sangat disayangkan, karena saat melahirkan di bidan atau rumah sakit, pasti bidan, dokter atau perawat rumah sakit sudah memberitahu bahwa dilarang memberi makanan pendamping sebelum bayi berusia enam bulan. Tapi hal itu sering diabaikan,”ungkapnya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait