Kamis, 28 Maret 2024

BENTUK PROGRAM MI GILA, MENKOMINFO SEBUT DISKOMINFO JATIM LAYAK JADI CONTOH NASIONAL

Diunggah pada : 8 Oktober 2015 14:03:15 3

Jatim Newsroom- Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim layak menjadi contoh nasional. Hal ini berkat inisiatifnya yang telah membentuk program "Mi Gila" (Melek IT Gaul Informasi Luar Biasa).

“Saya sangat mengapresiasi program Mi Gila, program yang dibutuhkan masyarakat karena pemerataan informasi didahului oleh tingkat pengetahuan menggunakan teknologi informasi. Patut dicontoh oleh Diskominfo di provinsi lainnya,” terangnya usai mengunjungi Stand Mi Gila Diskominfo Jatim di area Pameran Jatim Fair 2015 di Grand City Surabaya, (8/10)

Ia menambahkan, mencerdaskan masyarakat melalui penguasaan teknologi informasi  merupakan tugas bersama. Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo menilai peran sosialisasi telah dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Jawa Timur dengan inisiatif program “Mi Gila”. “Jelas akan memberikan nilai tambah ekonomi jika masyarakat dapat menggunakan teknologi informasi. Mulai dari pemasaran produk lokal hingga efesiensi transaksi,” tuturnya.

Kepala DisKominfo Jawa Timur, Eddy Santoso mengatakan, Program Mi Gila merupakan salah satu cara Diskominfo Jatim untuk memberi wadah masyarakat Jawa Timur belajar tentang IT dan ICT.  Mulai dari tata cara mengoperasikan internet, memanfaatkan smartphone dan internet dengan benar, membuat blog atau permasalahan-permasalahan lain seputar teknologi informasi.

“Kami berkomitmen memberikan layanan sosialisasi dan pendampingan terkait dengan penguasan IT dan ICT. Persaingan global terutama bidang ekonomi harus disambut dengan kerja keras dan inovasi,” jelasnnya pada acara yang juga disiarkan secara live di stasiun tv swasta di Surabaya ini. 

Tak hanya itu, bersamaan dengan launching Mi Gila beberapa saat lalu dilaksanakan pula sosialisasi e-business program 1 juta domain gratis bagi Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Sasaran utama program ini adalah para pelaku UMKM yang diharapkan bisa menggunakan IT untuk memperluas pemasaran produknya secara online.

Media online memang sudah menjadi tuntutan bagi UMKM untuk mengembangkan pemasaran produk, baik untuk meningkatkan omzet untuk meningkatkan branding produk. Sehingga Pemprov Jatim perlu mendukung UMKM dengan memberikan satu juta domain gratis selama setahun untuk UMKM yang terpilih.

Pembagian domain gratis ini dalam rangka mendukung sistem bisnis online masyarakat, selain domain juga diperlukan hosting, kemampuan membangun web, mengelola konten web dan lain sebagainya. Untuk itu Dinas Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan Dinas Kominfo untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM dalam melakukan pemasaran online.   

Setelah mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution dan Gubernur Jatim, H Soekarwo mengunjungi stan pameran, Menkominfo bersama Kepala Diskominfo Jatim menjadi narasumber Talk Show “MI Gila” yang juga dihadiri Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. (luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait