Baperarsip Jatim Fasilitasi Kelola Arsip Desa

UMUM | 14 Mar 2018 06:12:12 PM

Baperarsip Jatim Fasilitasi Kelola Arsip Desa

Salah satu Pejabat Fungsional Arsiparis sedang mendokumentasikan arsip, di Kantor Baperarsip Jatim, Rabu (14/03). foto : Supono JNR.

Jatim Newsrom- Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Baperarsip) Provinsi Jawa Timur memfasilitasi pemerintahan desa untuk mengelola kearsipan, khususnya dokumen aset desa berupa leter C dan letter B. Program yang digagas oleh Kadis Baperarsip Prov.Jatim, Sudjono ini, untuk mendekatkan  institusinya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat desa.

Menurut Kepala Bidang Penyelematan dan Pendayagunaan Kearsipan, Tidor Arif T.Djati, program restorasi arsip aset desa ini berupaya merestorasi khasanah arsip statis desa yang kini kondisinya sudah tidak bisa di akses secara fisik oleh masyarakat.

"Program restorasi ini tidak hanya bermakna bagi Badan Perpuarsip, namun juga kita bisa hadir di desa," kata Tidor, Rabu, (14/03).

Dijelaskannya, program yang sudah dilaksanakan ini mengambil sampling dari beberapa desa, ditemukan setiap desa memiliki arsip aset desa antara 400 sampai 600 berkas. "Jika diambil rata-rata setiap desa memiliki 500 berkas, maka tinggal mengalikan dengan jumlah desa di Jatim" jelasnya.

Meski kewenangan untuk menata kearsipan di desa ini menjadi tanggung Badan Kearsipan Kab/Kota, namun pihaknya hanya mendorong agar kearsipan desa ini dikelola dengan baik, dengan cara membina dan melatih Badan Kearsipan Kab/Kota untuk melakukan restorasi arsip aset daerah. (pno).

 

Views 106
Web Statistic