Rabu, 24 April 2024

Bantuan SPP Gratis Sekolah Swasta Diharapkan Kurangi Kecemburuan Terhadap SMK/SMA Negeri

Diunggah pada : 18 Januari 2019 22:24:35 61

Jatim Newsroom - Komisi E DPRD Jawa Timur berharap bantuan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang diberikan Pemprov kepada sekolah swasta di Jawa Timur bisa mengurangi kecemburuan sosial kepada sekolah negeri. Pasalnya, pada tahun 2019, Pemprov Jatim juga akan memberlakukan kebijakan SPP gratis bagi SMA/SMK di Jatim.

"Kalau masalah itu sudah tinggal dipersiapkan saja. Pelaksanaanya kan bersamaan dengan SMA dan SMK gratis. Jadi tidak hanya bantuan dari sekolah negeri, tetapi juga bantuan kepada sekolah swasta," tegas Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hartoyo ditemui di DPRD Jatim, Jumat (18/1).

Dia menjelaskan, kebijakan bantuan itu sudah diteken oleh Gubernur Jatim melalui surat edaran gubernur tahun 2019. Nantinya, sekolah swasta akan mendapatkan biaya SPP 150 ribu rupiah persiswa.

Saat ini, kata Hartoyo, Pemprov Jatim sedang melakukan pendataan, untuk memastikan jumlah SMA dan SMK swasta yang perlu mendapatkan bantuan SPP. "Swasta berdasarkan SE gubernur memang bisa bertambah dan berkurang. Tapi nilainya memang Rp 150 ribu,"ujar Hartoyo Politisi asal Fraksi Demokrat Jatim.

Ditambahkan Hartoyo, selain SPP gratis, pihaknya juga meminta agar pemberian bantuan segeram kepada sekolah negeri segera dipercepat. Diharapkan, ketika nanti memasuki tahun ajaran baru, siswa baru bisa langsung menerima bantuan dan menggunakannya.

"Saya mengintruksikan agar lelang dipercepat. Jadi sebelum tahun ajaran baru sudah bisa dipakai oleg siswa. Sehingga wali murid tidak membeli untuk anaknya,"ujar Hartoyo politisi asal Surabaya ini.(pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait