Arumi Dardak Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Tulungagung

UMUM | 14 Aug 2019 07:45:25 AM

Arumi Dardak Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Tulungagung
Foto : Sugeng JNR

Jatim Newsroom – Ketua Tim Penggerak (TP PKK) sekaligus Ketua Dekranasda Prov Jawa Timur Arumi Bachin Emil Dardak melantik Siyuk Rohayati Maryoto Wibowo menjadi Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda  Kabupaten Tulungagung sisa waktu 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (13/8).

Dalam sambutannya Arumi mengatakan, Siyuk Rohayati Maryoto Wibowo bukan orang baru dan sudah lama berkecimpung di TP PKK di di Tulungagung. Prestasi TP PKK Tulungagung luar biasa baik ditingkat provinsi dan nasional. “Diharapkan harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, TP PKK merupakan gerakan pembangunan yang berbasis keluarga sekaligus mitra pemerintah dalam pendampingan untuk mensejahterakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Sebagai mitra, keberadaan TP PPK tidak boleh menjadi beban pemerintah atau masyarakat, tetapi sebaliknya bisa membantu sekaligus menjadi pendorong pemerintah dan masyarakat dalam mengakses program-program pembangunan baik dibidang kesehatan, mengentas kemiskinan, pembangunan ekonomi maupun sosial budaya khususnya di perovinsi Jawa Timur yang dikenal dengan “Nawa Bakti Satya”.

Diharapkan di Provinsi Jawa Timur TP PKK bisa bekerjasama atau sinergitas ke tingkat kabupaten/kota yang bisa disinergikan dengan visi dan misi bupati/walikota setempat.

Disamping itu, gerakan PKK  bisa berdaya guna jika berhasil mendengar dan menyuarakan aspirasi ibu-ibu rumah tangga yang biasa anak-anak  milineal menyebutnya  (Mak-Mak Power). Hal ini yang mempunyai pengaruh terhadap nilai ekonomi, sosial, budaya  dan psikologi.

Sebagai ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi juga berpesan kepada Ketua Dekranasda Tulungagung yakni harus bisa mendorong para pelaku industri kecil menengah khususnya kerajinan yang memiliki potensi banyak. Mulai kerajinan batiknya, akik, batu oniknya yang banyak yang sudah dikenak di berbagai daerah di Indonesia hingga kemanca negara. “Hal tersebut bisa berperan terhadap PDRB Jawa Timur,” ungkapnya.

Menurut Arumi, UMKM di Tulungagung juga menjadi tulang punggung perekonomian di Jawa Timur. Oleh sebab itu peranan Dekranasda utamanya dalam membina dan meregenerasi pengrajin menjadi sangat penting. Selain iru pesannya kepada Ketua Dekranasda Tulungagung terus berkaloborasi mem,berikan informasi dan bekerja keras dalam memajukan kabupatennya.

Menurutnya, ada tiga aspek yang harus diperhatikan dalam meningkatkan industri kerajinan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena banyak yang mempunyai skill/ketrampilan yang bagus tetapi  produknya tidak dibungkus/dikemas yang bagus. “ada sebaliknya diemas dengan bagus tetapi kualitas produknya kurang baik,” tuturnya.

Hal-hal seperti ini perlu disinergikan dan diharapkan dekranasna bisa turun memberikan pembinaan kepada pengrajin. Kemudian memberikan peningkatan keunggulan kompepetitif derta pemberdayaan yang bertumpu pada potensi lokal. (ryo/upn/p)

Views 556
Web Statistic