Sabtu, 20 April 2024

Arumi Ajak Masyarakat Cintai Kreasi Produk Kearifan Lokal

Diunggah pada : 19 Juli 2019 21:15:08 31

Jatim Newsroom - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Elestianto Dardak mengajak masyarakat untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif di era industri 4.0, dengan cara mencintai produk dan kearifan lokal, serta berkreasi untuk menciptakan karya berkualitas.

“Tujuannya, kita bisa menjadi pelaku dan pemenang, serta turut berkontribusi dalam berkembangnya ekonomi di kabupaten sendiri, bukan hanya jadi penonton,” tegas Ketua Dekranasda Arumi saat pembukaan Sepasar Ing Kabupaten Madiun, Pagelaran Budaya dan Pasar Rakyat (SPASMA) di alun-alun Kab Madiun, Kamis (18/7) malam.

Arumi mengatakan, mencintai dan berkarya menciptakan produk dari kearifan lokal ini adalah kunci kemajuan dari ekonomi daerah. Sebab, masing-masing daerah tentu memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, yang dapat menjadi daya jual tinggi jika dikemas dan dipromosikan dengan baik. Apalagi sekarang eranya serba digital.

“Panjenengan dilahirkan dalam sebuah budaya yang begitu kaya, contohnya di Kab. Madiun ini ada pencak silat, lalu wayangan,” katanya sembari menambahkan, kekayaan budaya ini harus terus dicintai dan dilestarikan, jangan sampai kekayaan budaya tersebut justru malah dilirik, lalu dimanfaatkan oleh orang asing.

Karena itu, Arumi mengajak masyarakat untuk berkolaborasi bersama pemerintah, serta Dekranasda untuk menciptakan dan mengembangkan produk-produk kerajinan berdasarkan kearifan lokal. Tentunya, produk-produk tersebut harus berkualitas, memiliki desain, warna, dan memenuhi standar ekspor, baik dalam maupun luar negeri.

“Kami Dekranasda yang ada di provinsi, serta Dekranasda kabupaten/kota adalah fasilitator, kami siap membina, dan memberikan jalan bagi panjenengan, utamanya para pengrajin, untuk bisa mengembangkan sayapnya ke manapun panjenengan mau,” tegas istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak ini.

Ditambahkannya, masyarakat khususnya pengerajin tidak perlu khawatir tentang pangsa pasar. Sebab hadirnya teknologi di era industri 4.0 makin mempermudah seseorang untuk memasarkan produk maupun karyanya, dengan memanfaatkan media online, atau media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

“Jadi anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang yang tinggal di Jakarta, atau Surabaya. Anda bisa memasarkan produk dan karya dengan kesempatan yang sama seperti orang lain di seluruh Indonesia. Ingat, apapun produknya, pasti ada marketnya, kami siap membantu asalkan anda mau berjuang dan bekerjasama. Itu adalah kunci kemajuan,” tambahnya. (Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait