Akhir Juli, Pemasangan Girder Tol Sumo Mastrip Dikerjakan

UMUM | 17 Jul 2017 01:11:18 PM

Jatim Newsroom - Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) terus dilakukan. Akhir bulan ini, pemasangan girder atau jembatan penghubung Tol Sumo di jalan Mastrip Surabaya dilakukan, sehingga Agustus telah mulai pengecoran lantai jalan tol.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi ditemui di kantornya, Senin (17/7) membenarkan bahwa pembangunan jalan tol Sumo ini segera dilanjutkan. "Sesuai informasi memang akhir Juli ini (kelanjutan pembangunan tol, Red)," ujar Gatot yang mendapat informasi dari Badan Pelaksana Jalan tol (BPJT).

Hanya saja, hingga sekarang ia belum menerima surat pemberitahuan untuk penutupan Jalan Mastrip Karangpilang Surabaya. Karena jalan tersebut kewenangan provinsi, maka surat pemberitahuan juga harus ditujukan ke Dinas PU Bina Marga, selain Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dushub LLAJ) serta kepolisian.

Dengan begitu, dipastikan ada penutupan jalan seperti dua bulan lalu saat pembangunan jalan tol SuMo. Dimana akan dilakukan pada malam hari. Rekayasa lalulintas pun akan dilakukan sama seperti penutupan sebelumnya. "Infonya, nanti BPJT dalam memasang girder setelah saya tanyakan, diputuskan memakai crain. Dengan begitu, kami berharap penutupan jalan hanya berlangsung selama 4 jam, seperti pembangunan sebelumnya," ujarnya.

Namun, masalah kali ini yaitu lokasi pembangunan yang terbilang sempit lahannya jika dibanding pembangunan sisi Barat. "Jika dahulu lahan agak bebas, sekarang sedikit kesulitan memang. Tapi Insya Allah tetap bisa dilakukan dalam satu malam saja, mengingat pengalaman yang terdahulu. Dan operator crain juga sudah profesional," paparnya.

Diakuinya, pembangunan jalan tol kali ini memang sangat mepet dengan jalan kampung. Tak hanya itu, adanya tiang listrik juga menambah tingkat kesulitan dalam meletakkan posisi crain. Untuk itu, skema pemindahan tiangpun telah direncanakan sebelum melakukan pembangunan. Ini guna memberikan ruang yang lebih leluasa crain memasang grandle. "Lahan disisi sebelah di dekat Pasar Mas Trip persis sedikit susah, karena memang ada eleveted. Tapi saya yakin sukses lah itu pemasangan girder ini. Sama seperti yang sebelumnya, bisa dilakukan semalam saja," ujarnya.

Gatot menambahkan, saat ini untuk konstruksi bangunan Jalan Tol SuMo secara keseluruhan masih 89 persen Tapi jika dibagi per seksi, maka di seksi 1B sudah 90 persen, Seksi 2 itu 63 persen dan seksi 3 mencapai 64 persen. "Harapan saya sesuai schedule tetap ditaati yang telah dibuat BPJT yaitu akhir 2017 sudah operasional. Tentunya dengan uji coba dulu beberapa saat," tandasnya. (Pca)

Views 326
Web Statistic