Kamis, 28 Maret 2024

BKKBN KENALKAN PROGRAM MEDIA LUAR MELALUI MURAL

Diunggah pada : 1 Februari 2013 12:20:37 35
thumb

    Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim pada tahun 2013 ini akan memperkenalkan terobosan baru dengan memanfaatkan media luar ruang berupa mural (gambar bertemakan KB). Mural ini berisi pesan maupun imbauan kepada masyarakat terkait program KKB.

    “Alhamdulillah, mural KKB Jatim berhasil memenangkan juara I dalam Lomba Media Luar Ruang di tingkat nasional. Mudah-mudahan, penghargaan ini akan mampu memacu semangat dan kreativitas kami semua untuk memberikan yang lebih baik lagi bagi pelaksanaan program Kependudukan dan KB di Jawa Timur khususnya,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Djuwartini SKM, MM, di Surabaya, Jumat (1/2).

    Saat ini sudah ada delapan titik mural program KKB di Jawa Timur. Di antaranya di jalan masuk Bandara Juanda, di wilayah Bluru, Porong Sidoarjo, Malang, dan tentunya ada di Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

    Menurutnya, media luar ruang program KKB yang diwujudkan dengan mural di rumah-rumah penduduk ini memang merupakan terobosan baru dalam sosialisasi program KB di Indonesia. Selain ilustrasi gambar, pesan yang muncul pada mural antara lain yang bertemakan gambar Banyak Anak Banyak Masalah, Ayo Ikut KB, dan Dua Anak Cukup. Selain itu, tertera nomor telepon yang siap melayani konsultasi masyarakat dalam berbagai problem KB di nomor (031) 31314040.

    “Bersamaan dengan ini, Jawa Timur juga meraih Juara I Lomba Gerak Mupen (Mobil Unit Penerangan) KB. Sedangkan kumpulan karya Audio Visual Produksi MPC (Media Production Centre) Perwakilan BKKBN Jatim mendapat peringkat ke empat,” paparnya.

    Lebih lanjut dia mengatakan, mural ini merupakan kegiatan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) program KKB (Kependudukan dan Keluarga Berencana) dengan memanfaatkan media luar ruang. “Setelah menggebrak dengan kegiatan Grebek Pasar (Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran) di tahun 2012, kami tahun ini akan mengenalkan pengenalan program KB melalui karya seni berupa tulisan dan gambar pada tembok luar rumah yang berada di titik strategis serta mudah dilihat oleh masyarakat umum,” tuturnya.

    Menurut Djuwartini, inovasi KIE dengan media mural ini ternyata mendapatkan apresiasi positif di forum nasional, dalam hal ini kalangan masyarakat. “Dengan berbagai gambar melalui media luar seperti tembok akan memudahkan pengenalan program KB kepada masyarakat,” pungkasnya. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait