Kamis, 25 April 2024

PJT I DAN LSM KLH KERJASAMA BANGUN ROLAK OUTBOND

Diunggah pada : 18 Januari 2012 13:57:38 5
thumb

Divisi Jasa ASA III Perum Jasa Tirta (PJT) I bekerjasama dengan LSM Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) membangun arena bermain Rolak Outbond di bantaran Kali Surabaya sisi KarahDi awal tahun 2012 ini Divisi Jasa ASA III Perum Jasa Tirta (PJT) I bekerjasama dengan LSM Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) membangun arena bermain Rolak Outbond di bantaran Kali Surabaya sisi Karah. Kini proses pembangunan sedang dikerjakan dan diperkirakan pada Maret mendatang Rolak Outbond dapat mulai dioperasionalkan sebagai tempat hiburan alternatif bagi warga Kota Surabaya dan sekitarnya.

    "Surabaya sangat minim sarana dan wahana rekreasi, khususnya untuk anak-anak. Di Rolak Outbond ini, nanti anak-anak dapat belajar sambil bermain di lokasi yang asri ddekat pintu air Gunung Sari," kata Direktur LSM KLH, Imam Rochani saat ditemui, Rabu (18/1).

    Ia menuturkan, saat ini proses pembangunan baru dilakukan. Nantinya, kata Imam, jika semua sudah jadi akan ada banyak wahana bermain untuk anak-anak, seperti belajar bercocok tanam, menangkap ikan di kolam, permainan kolam pasir putih, hingga outbond flying fox untuk anak-anak dan dewasa.

    Khusus untuk flying fox, outbond ketinggian dengan terjun dari lokasi lebih tinggi ke lokasi lebih rendah dengan menggunakan tali itu akan dibagi dua. Untuk anak-anak flying fox akan gunakan trek pendek di area bantaran. Namun untuk dewasa, pengunjung akan disuguhkan dengan tantangan yang cukup menarik dengan terjun melintasi pusaran di atas pintu air Gunung Sari.

    Selain itu, untuk mengajarkan pada anak agar berani tampil di depan umum, Rolak Outbond juga akan menyediakan panggung hiburan. Panggung itu juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan bagi pengunjung yang datang.

    "Khusus untuk anak-anak, kami juga mengajarkan edukasi lingkungan agar mereka dapat lebih ramah dan peduli lingkungan," ujar pria yang juga menjadi Koordinator Tim Patroli Air Tepadu Jawa Timur tersebut.

    Target ke depan, Rolak Outbond juga bakal menyuguhkan jelajah sungai. Itu dilakukan dengan menggunakan perahu menyusuri Kali Surabaya dari Gunung Sari hingga Karangpilang.

    Dengan jelajah sungai, pengunjung akan belajar dan tahu kondisi Kali Surabaya yang banyak terdapat sampah dan limbah baik domestik dan industri. "Konsepnya seperti kegiatan Patroli Air terpadu tapi dalam skala kecil dan jarak tempuh yang pendek," ungkapnya.

    Untuk itu, ia berharap hadirnya Rolak Outbond dapat menjadi sarana rekreasi dan belajar bagi warga Kota Surabaya dan sekitarnya. "Jika di Surabaya banyak taman, Rolak Outbond akan menyajikan hiburan ytang lebih dari sekedar tempat bermain, tapi akan banyak edukasi yang didapat anak-anak," tukasnya. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait