Sabtu, 20 April 2024

SAIFUL ILAH JABAT KAMABICAB, HADI SUTJIPTO JADI KAKWARCAB SIDOARJO

Diunggah pada : 18 Januari 2012 13:55:24 10
thumb

Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah SH MHum, resmi menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sidoarjo.Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah SH MHum, kini resmi menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sidoarjo. Ia dilantik langsung oleh Ketua Kwarda Jatim, Drs H Saifullah Yusuf, di pendopo Kab Sidoarjo, Rabu (18/1) siang. Usai dilantik, Bupati yang menjabat selum genap setahun ini langsung melantik wakilnya H MG Hadi Sutjipto SH MM sebagai Ketua Kwarcab Sidoarjo.

    Usai proses pelantikan berlangsung, Saifullah Yusuf, mengatakan, selama ini gerakan pramuka banyak diisi oleh pejabat tinggi pemerintahan. Kini, lanjut Gus Ipul, gerakan pramuka harus lebih bisa dikenal dan dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat.

    "Sejak zaman Pak Karno (Soekarno Presiden pertama RI), Gerakan Pramuka sudah digalakkan pada rakyat kecil. Artinya organisasi kepanduan ini menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Kalau bisa gembala sapi pun harus merasa bagian dari Gerakan Pramuka," katanya.

    Semangat Pramuka yang selalu mengedepankan kebersamaan dan gotong royong diharapkannya mampu membantu proses roda pembangunan, khusunya di Jawa Timur. "Dengan dipimpin Kak Saiful Ilah dan Kak Hadi Sutjipto, besar keyakinan saya Gerakan Pramuka di Sidoarjo akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik," kata Gus Ipul.

    Saiful Ilah pun menuturkan, selama ini yang menjadi persoalan pelik adalah kenakalan remaja. Itu diketahui dengan banyaknya gadis yang hamil di luar nikah, aborsi, mengkonsumsi narkoba, hingga memanfaatkan informasi dan teknologi untuk hal negatif. "Hal itu sangat mengkhawatirkan dan dapat mengubah pola pikir dan perilaku remaja yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa," ujarnya.

    Untuk itu, ia mendukung penuh kegiatan kepramukaan yang menjadi bagian dari proses revitalisasi sejak dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006. "Gerakan Pramuka sebagai lembaga non formal harus terus ditanamkan semangat kebangsaan," tuturnya.

    Selain itu, ia juga berpesan pada seluruh pengurus Gerakan Pramuka se-Sidoarjo untuk lebih memahami UU No 12/2010 tentang Gerakan Pramuka secara terus menerus melakukan pembenahan diri. Selain itu, menurut UU Gerakan Pramuka pada pasal 36 ayat C, menyebutkan pemerintah dan pemerintah Daerah bertugas membantu ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk poendidikan kepramukaan.

    Dalam acara pelantikan tersebut, mabicab dan pengurus Kwarcab Sidoarjo juga dilantik pula Lembaga Pemeriksa Keuangan dan majelis pembimbing gugus desa/kelurahan se-Sidoarjo. Acara yang diikuti ratusan undangan itu juga dimeriahkan oleh ratusan siswa Pramuka Penggalang yang sejak kedatangan Gus Ipul sudah disambut meriah dengan alunan musik drum band dan lagu Selamat Datang Gus Ipul. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait