Kamis, 28 Maret 2024

PANGLIMA: PILKADA, TNI HARUS TETAP JAGA NETRALITAS

Diunggah pada : 17 Januari 2012 14:01:18 2
thumb


Memasuki tahun 2012 yang merupakan tahun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia, diharapkan prajutit TNI tetap menjaga netralitas.
"Sebagai prajurit dan PNS TNI junjung netralitas dan jangan melibatkan diri maupun keluarga yang bukan menjadi domain TNI. Saya perintahkan dengan tegas, jaga netralitas TNI, jangan ikut campur dan melibatkan diri secara langsung maupun tidak langsung dalam Pilkada,” tegas orang no satu di jajaran TNI dalam amanatnya yang di acakan Direktur Personalia Kobangdikal, Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal SH pada upacara Tujuhbelasan di Komando Pengembangan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdial), Selasa (17/1).
Sebagai keluarga besar TNI, lanjutnya, setiap parajurit dan PNS TNI agar waspada terhadap provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Pelihara kebersamaan, soliditas dan solidaritas sesama keluarga besar TNI.
”Jangan mudah diadu domba oleh pihak manapun yang tidak suka melihat TNI solid, utuh dan kuat,’’ terangnya.
Menurutnya, prajurt TNI harus semakin peka dengan perkembangan yang terjadi di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional. Sehinga memiliki informasi, wawasan dan pengetahuan yang luas.

”Himpun dan serap informasi yang masuk, diolah dan dianalisis, sehingga akan memperkaya indormasi dan dapat menunjang dalam penugasan di satuan masing-masing,” katanya.
Selain itu, Panglima TNI juga menyampaikan beberapa perkembangan yang terjadi di tingkat regional misalnya, TNI masih dihadapkan pada masalah perbatasan, trans nasional crime dan masalah keamanan laut. Dari dinamika permasalahan tersebut menuntut kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh personil dan alutsista TNI.
”Untuk mendukung kesiapan dan pelaksanaan tugas pokok TNI, tahun 2012 TNI berusaha mereformasi birokrasi dan membangun kekuatan pokok minimum TNI.” lanjutnya.
Selain para prajurit dan PNS, dalam upacara yang di gelar setiap tanggal 17 di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Kobangdikal tersebut, hadir pula Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (T) Simbolon, SPi, Komandan Pusdik dan pejabat teras kobangdikal lainya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait