Rabu, 24 April 2024

STOK DARAH JENIS TROMBOSIT DI UDD PMI MENIPIS

Diunggah pada : 17 Januari 2012 13:14:43 4
thumb

Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Kota Surabaya jenis trombisit dan whole blood (WB) saat ini kritis atau menipis. Kini PMI Surabaya tengah bekerja keras agar stok darah mencukupi dengan melakukan berbagai langkah antisipasi.

Humas UDD PMI Surabaya, Agung Tri Jutanto di kantornya, Selasa (17/1) mengatakan stok trombosit di PMI Surabaya saat ini terus menurun, dikarenakan permintaaan mulai meningkat. “Untuk darah normal saat ini berkisar 300 kantong darah, dan permintaan yang banyak datangnya dari Surabaya, dan juga dari luar Surabaya,” tuturnya.

Ia menjelaskan untuk stok golongan WB totalnya 190 kantong (gol A 16, gol B 72, gol AB 5, gol O 97). “Untuk WB ini mengalami jumlah sedikit meningkat dibanding sepekan ini, tapi masih dikatagorikan kritis,” ujarnya.

Sedangkan PRC totalnya masih 256 kantong dan masih aman, dengan rincian gol (A 92, gol B 59, gol AB 48, dan gol O 57), darah trombosit totalnya 53 kantong, dengan rincian (gol A 5, gol B 29, gol AB 1, dan gol O18).

Menurutnya, setiap hari PMI Surabaya berhasil mengumpulkan sekurangnya 300 sampai dengan 400 bags darah dari berbagai golongan serta jenis darah. "Kalau dalam sehari kami hanya memperoleh separohnya saja itu artinya mulai menipis. Dan kondisi semacam itu harus segera diantisipasi," tuturnya

Ia mengimbau masyarakat yang waktunya donor darah diharapkan segera donor ke UDD PMI Surabaya. Sedangkan masyarakat yang belum pernah donor darah juga diharapkan partisipasinya untuk bisa menyumbangkan darahnya, karena saat ini banyak pasien di rumah sakit yang memerlukan darah.

Ia menambahkan selain membuka gerai di Mal, pihak PMI juga selalu tidak henti-hentinya menginformasikan hal ini kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik. Tujuannya, agar masyarakat atau pendonor segera melakukan kegiatan rutinnya mendonorkan darah.

“Kami mengimbau hal ini melalui media agar pendonor yang belum mendonorkan darah maupun pendonor yang sudah waktunya mendonorkan segera melaksanakan donor darah,” imbuhnya.

Untuk hari ini ada kegiatan donor darah di berbagai tempat, antara lain di kantor BCA Darmo, PT Ispatindo, PT Dumas, Untag, dan Tunjungan Plaza. Dan juga UDD PMI Surabaya akan mulai membuka pelayanan donor darah di beberapa tempat di Surabaya, di antaranya BG Juntion (Jl Bubutan), ITC Mega Grosir, PTC, Royal Plaza, dan Cito. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait