Jumat, 29 Maret 2024

POLRI MINTA KBPPP JATIM IKUT AMANKAN JATIM

Diunggah pada : 24 November 2011 3:33:20 4
thumb

        Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meminta kepada Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPPP) Jawa Timur untuk ikut berperan serta dalam pengamanan di wilayah masing-masing, khususnya di Jatim.

        “Kedepannya, mereka (KBPPP Jatim, red) harus ikut eksis membangun bangsa, jika di kepolisian tentunya pengaman sehingga meraka harus juga ikut serta mengamankan,” ujar Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, ditemui usai membuka acara seminar Pembangunan Karakter Bangsa dalam Pemahaman Wawasan Kebangsaan yang digelar KBPPP Jatim, di Rumah Makan Taman Sari Surabaya, Rabu (23/11).

        Menurutnya, dalam pengaman suatu wilayah atau daerah itu bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian atau TNI. Akan tetapi, hal itu juga menjadi tanggung jawab bersama, baik dari lembaga hingga masyarakat. “Dalam hal ini, KBPPP harus mengambil peran serta dalam pengamanan. Jangan diam-diam saja, kalau seperti itu sudah banyak,” paparnya.

        Sementara itu, Ketua DPD KBPPP Jatim, Akmal Boedianto, menuturkan, sesuai arahan Kapolda Jatim, KBPPP Jatim ke depan akan lebih greget atau lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk eksis di masyarakat, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada tingkat masyarakat paling bawah di dalam pengamanan.

        Selain itu, katanya, mengenai kepolitikan, KBPPP Jatim tidak akan ikut campur dalam ranah kepolitikan praktis. Dalam hal ini, KBPPP tidak tertarik untuk masuk ke ranah politik praktis justru KBPPP memilih berdiri di luar lingkaran politik. “Selama ini, kami (KBPPP) tidak tertarik dan tidak akan terlibat dalam politik praktis. KBPPP memilih berada di posisi netral," tegas Akmal Boedianto.

        Pria yang juga menjabat Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) Prov Jatim mengatakan, meski memilih netral, pihaknya banyak dari anggota DPD KBPPP Jatim yang merupakan anggota Parpol. Karena itu, KBPPP Jatim tidak akan membatasi hak politik masing-masing anggotanya.

        "Kalau perorangan yah silahkan, bebas. Lha wong banyak anggota saya yang berasal dari beragam partai tetapi mereka punya komitmen untuk mengurus KBPPP ini," tutur Akmal.

        Selain itu, Akmal menuturkan, KBPPP Jatim berencana menggelar Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua baru pada Desember mendatang. Dalam pemilihan itu, dirinya tidak akan mencalonkan lagi, justru memberikan kesempatan kepada generasi muda yang nantinya siap memimpin KBPPP. "Waktunya regenerasi. Saya berharap KBPPP ini memliki ketua yang mau berkorban untuk membesarkan KBPPP," harapnya. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait