Rabu, 24 April 2024

TINGKATKAN PELAYANAN, POLDA BUKA PENGADUAN SECARA ONLINE

Diunggah pada : 15 November 2011 3:30:09 67
thumb

Meningkatkan pelayanan yang prima dan profesional, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur secara resmi meluncurkan Rumah Pengaduan masyarakat atau SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) secara online.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Hadiatmoko, saat ditemui usai peresmian SPKT di Mapolda Jatim, Senin (14/11) sore mengatakan, berharap keberadaan SPKT diharapkan mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

"Masyarakat akan sangat terbantu dengan layanan SPKT, karena akan mendapatkan pelayanan yang berbasis teknologi, humanis dan bebas pungli," ujar Kapolda Jatim saat didampingi Ka SPKT Polda  AKBP Anom Wibowo.

Menurutnya, SPKT yang dimilikinya ini terhubung dengan seluruh jajaran Polda Jatim hingga tingkat Polsek secara online. "Kita bisa memonitor secara cepat dalam setiap yang masuk," ungkapnya.

Selain itu, SPKT Polda Jatim ini juga berhasil mencatat sertifikasi ISO 9001-2008 bidang pelayanan. "SPKT Polda Jatim kita harapkan mampu menjadi pelopor SPKT di jajaran Polri," ujarnya.

Ia menambahkan, sementara untuk tugas dari SPKT tidak hanya sekedar mencatat laporan polisi dari masyarakat, namun juga memiliki tugas seperti menerima pengaduan kriminalitas dan pengaduan propam, melayani surat-surat SKCK, surat izin keramaian dan orang asing serta memberikan bantuan konsultasi hukum dan informasi lainnya. “SPKT juga sebagai Koordinator dalam penanganan TKP bersama Reskrim, Intel, Identifikasi dan Labfor serta fungsi teknis kepolisian lainnya,” tuturnya

SPKT Polda Jatim ini juga dilengkapi dengan program ISPS (integrated System for Police Service) yang terhubung dengan seluruh informasi pelayanan kepolisian di jajaran Polda Jatim. Dengan sistem ini maka seluruh informasi kriminalitas menonjol di Jawa Timur akan dapat terpantau ke Mabes Polri. “Setiap yang baru lulus Sespim akan kita tempatkan di SPKT dulu sebelum jadi Kapolres,” tegas Kapolda.

Ka SPKT Polda Jatim, AKBP Anom Wibowo mengatakan, untuk sertifikasi ISO 9001-2008 akan diberikan terhadap managemen pelayanan SPKT,yang meliputi, managemen administrasi kepolisian, managemen pelayanan masyarakat dan sistem pelayanan terhadap barang temuan/hilang.

“Kita harapkan SPKT Polda Jatim mampu menjadi penjuru bagi SPKT-SPKT di seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tegasnya. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait