Kamis, 25 April 2024

SIDOARJO JUARA UMUM MTQ XXIV

Diunggah pada : 27 Juni 2011 13:26:06 24
thumb

Kabupaten Sidoarjo keluar sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIV Provinsi Jawa Timur yang digelar di Kota Madiun, pada 19-25 Juni 2011.
Ketua Dewan Hakim MTQ Jatim, KH Abdushomad Buchori, saat membacakan Surat Keputusan Dewan Hakim bersamaan dengan upacara penutupan MTQ Jatim di Stadion Wilis, Kota Madiun, Minggu (26/6) malam mengatakan, kemenangan Sidoarjo ini setelah meraih juara I pada empat nomor perlombaan, kemudian juara II pada empat nomor perlombaan, dan juga juara III pada empat nomor cabang perlombaan. Sehingga total poin kemenangan yang dikumpukan sebesar 36.
"Dengan demikian, Kabupaten Sidoarjo secara langsung juga menduduki peringkat pertama dari 10 besar daerah terbaik dalam MTQ Jatim tahun 2011," ujarnya.
Sedangkan juara umum kedua diduduki kafilah Kota Malang dengan perolehan juara I pada lima nomor, juara II (dua nomor), dan juara III (satu nomor) dengan total nilai mencapai 32.
Peringkat juara umum ketiga adalah kafilah Kota Surabaya dengan empat kali menjadi juara I, satu kali juara II, dan dua kali juara terbaik III. Sementara tuan rumah Kota Madiun hanya menduduki peringkat keenam dengan dua kali juara I, dua kali juara II, dan satu kali juara III dengan total nilai mencapai 17.
Sedangkan qori terbaik untuk cabang Tilawatil Quran golongan tartil dewasa diraih oleh Samsul Arifin asal Kabupaten Banyuwangi dengan nilai 92 akumulatif suara lagu 100. Serta qoriah terbaik untuk cabang dan golongan yang sama diraih oleh Hanif Marifah asal Kabupaten Madiun dengan nilai 91.
"Secara umum, para peserta yang mengikuti MTQ kali ini memiliki kualitas yang baik pada setiap cabang dan golongannya. Kami berharap, para pemenang yang terpilih nantinya harus mampu membawa nama baik Jawa Timur pada ajang MTQ nasional yang akan digelar di Ambon, Maluku, tahun 2012," kata Kiai Shomad.
Untuk kategori penataan stan pameran produk unggulan Jatim lanjut  Abdusshomad juara terbaik I diperoleh Kota Madiun, juara terbaik II Kabupaten Madiun, dan juara terbaik III Kabupaten Sumenep.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) juga menyerahkan piala juara umum MTQ XXIV Jatim kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Wagub menutup ajang dua tahunan itu dengan menekan tombol sirine.
"MTQ Jatim di Kota Madiun ini merupakan ajang MTQ yang paling baik dari semua perhelatan sebelumnya. Kami mengucap terima kasih kepada tuan rumah dan juga para peserta yang telah berlomba," kata wagub.
Untuk pelaksanaan tahun 2012, lanjut agub akan dilaksanakan di Kota Surabaya. Pihaknya berharap, Surabaya dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan ini lebih baik lagi.
Wali Kota Madiun, Bambang Irianto, dalam sambutannya menyatakan, sebagai tuan rumah, pihaknya merasa bersyukur karena MTQ Jatim telah berjalan dengan lancar. "Kami juga mohon maaf jika selama menjamu para tamu dari berbagai kota dan kabupaten di Jatim, ada sesuatu hal yang kurang berkenan," katanya.
Seperti diberitakan, dalam pelaksanaan MTQ, terdapat empat kegiatan besar, yakni pameran, pembukaan, pelaksanaan, dan penutupan. Masing-masing kegiatan diikuti oleh peserta yang berasal dari perwakilan seluruh kota dan kabupaten.
Untuk kegiatan pameran, digelar di Alun-Alun Kota Madiun. Pameran ini diisi seluruh produk unggulan Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Jatim. Sementara pembukaan dimeriahkan dengan Pawai Taaruf di sepanjang jalan protokol dan upacara pembukaan di Stadion Wilis Kota Madiun. (fad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait