Jumat, 19 April 2024

IKUTI EVEN NASIONAL, JATIM BENTUK TIM PAMERAN TERPADU 2011

Diunggah pada : 26 Januari 2011 16:22:51 3
thumb

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sudah membentuk Tim Pameran Terpadu Jatim 2011. Tim yang beranggotakan dari sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim ini dibentuk untuk memudahkan koordinasi antar stakeholder di dalam mengikuti even nasional.
Kepala Bagian Perindustrian dan Perdagangan Biro Administrasi Perekonomian Setdarprov Jatim Achmad Basuki, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Agenda Pameran dan Pembentukan Tim Paameran Terpadu 2011 di Ruang Rapat Blambangan kantor gebernuran Jl Pahlawan Surabaya (26/1) mengatakan, saat ini sudah dibentuk susunan Tim Pameran Terpadu, namun itu masih menunggu kesepahaman legalitas dari Biro Hukum Pemprov Jatim. “Isi rancangan tim terpadu ini sudah tersusun, sekarang tinggal nunggu pendapat dari biro hukum. Apa yang perlu dibenahi atau apakah isi draf susunan sudah benar,”  ujarnya.
Dasar Hukum pembentukan tim pameran ini adalah Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2006 tentang Tim Nasional Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2008, Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Harian Tim Nasional Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi Nomor KEP-31/M.EKON/06/2007 tentang Kelompok Kerja pada Tim Nasional Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi, sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Harian Tim Nasional Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi Nomor KEP-25/M.EKON/04/2008.
Selain itu, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 10 Tahun 2010 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2011, Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor : 109 Tahun 2010 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2011.
Pada isi draf tim terpadu itu menugaskan beberapa hal diantaranya, merumuskan kebijakan umum di bidang promosi perdaagangan, investasi dan pariwisata, menetapkan langkah-langkah promosi di bidang perdagangan investasi dan pariwisata, melakukan evalusi terhadap pelaksanaan kegiatan promosi dalam rangka peninngkatan ekspor dan investasi, membentuk pembantu pelaksana sesuai kebutuhan, dan melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada gubernur.
Tim pameran terpadu ini nantinya, akan ikut serta dalam memamerkan sejumlah produk-produknya pada pameran Jewelry dan Fashion Trend Expo (Jefash) 2011. Rencananya, event nasional ini dilaksanakan pada Maret mendatang di Jakarta.
Tujuan dengan adanya pameran itu, mewujudkan pemberdayaan sektor riil khususnya UMKM yang siap menghadapi persaingan dipasar global, mengembangkan sektor riil khususnya UMKM sebagai unggulan yang berbasis sumberdaya lokal, meningkatkan mutu dan citra UMKM, meningkatkan ketrampilan UMKM dalam pengolaan managerial dan produksi dengan memprioritaskan nilai tambah, meningkatkan nilai ekspor non migas, membuka Peluang Pasar Baru. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait