Jumat, 29 Maret 2024

JALIN KESRA 2011, PEMPROV TARGET 105.873 RTSM

Diunggah pada : 26 Januari 2011 15:48:25 2
thumb

Program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan (Jalin Kesra) telah dimulai sejak pertengahan 2010 ini. Hingga akhir 2010, sebanyak 63.823 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) telah mendapatkan bangtuan. Memasuki periode 2011, Jalin Kesra akan terus berlanjut. Bahkan target tahun ini lebih besar dari sebelumnya, yakni sebanyak 105.873 RTSM.
Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr Rasiyo saat ditemui di gedung Negara Grahadi, Rabu (26/1) mengatakan, dengan bertambahnya jumlah RTSM yang dibantu tahun ini, maka diharapkan angka kemiskinan di Jatim dapat menurun, yakni dari RTSM menjadi rumah tangga miskin.
Artinya, bantuan yang diberikan melalaui program Jalin Kesra ini harus bisa mendorong warga sangat miskin yang mendapat bantuan untuk bisa bekerja dengan membuka usaha baru baik di bidang peternakan atau pertanian. Untuk jenis usaha bisa menyesuaikan dengan potensi daerah masing-masing. Namun dorongan untuk bisa bekerja melalui usaha itu hanya diperuntukkan bagi penerima bantuan yang tergolong usia produktif. Sedangkan warga yang memesuki usia lanjut hanya akan diberikan bantuan dan tak diwajibkan untuk membuka usaha.
Guna memantau perkembangan pemberian bantuan ini, ia juga meminta pada SKPD terkait yang bertugas membantu penyaluran bantuan pada warga dapat terus meng-up date data terbaru. Ini dilakukan agar diketahui jika ada perubahan data, misalnya si A yang terdapat di data penerima bangtuan, apakah masih tinggal di tempat yang sama sesuai data yang ada? Jika ada perubahan harus diperbaiki. “Yang terpenting jangan sampai ada kebohongan data penerima bantuan,” tegasnya.
Dalam program yang digagas Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo ini, Rasiyo mengatakan, perubahan data penerima bantuan hendaknya dikoordinasikan dengan lurah/kepala desa setempat atau pada camat. “Lurah dan camat tentu memiliki data valid warganya, sehingga bantuan akan bisa tepat sasaran,” katanya.
Dari evaluasi pelaksanaan 2010, program pemberian bantuan bagi warga sangat miskin ini telah membantu 63.823 RTSM dari total 493.004 RTSM yang menjadi target sasaran. Tahun lalu, pemprov telah menganggarkan Rp 225 miliar. Tahun ini, Pemprov Jatim pun telah menyiapkan dana yang lebih besar yakni sebesar Rp 300 miliar. Dana itu telah disetujui oleh Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo dan akan ditujukan bagi 105.873 RTSM. Rasiyo pun menargetkan penyelesaian Jalin Kesra dapat dituntaskan pada 2013 mendatang.
Ia menuturkan, pengalaman tahun lalu dapat dijadikan acuan bagi penyaluran dana 2011. Tentunya, dengan dana yang lebih besar, maka RTSM sasaran akan lebih banyak yang terbantukan. Sehingga, pengurangan angka kemiskinan di Jatim dapat menurun secara signifikan.
Adapun Bantuan diberikan dengan dua jenis yakni bagi RTSM usia produktif usaha akan diberikan bantuan sekitar Rp 2,5 juta. Bagi RTSM usia lanjut diatas 65 tahun diberikan bantuan beras miskin kualitas premium seberat 20 kg dan uang sebesar Rp 150 ribu per bulan selama setahun.
Bantuan yang diberikan bisa dirupakan dalam bentuk barang atau bahan dasar usaha sesuai kebutuhan masyarakat. Misalnya, bagi masyarakat yang terbiasa ternak tawon madu, maka akan diberikan madu glondongan untuk diternak atau juga berupa hewan ternak, seperti kambing, lele, dan ayam. Bagi RTSM di wilayah pesisir bisa diberikan bantuan jala atau ikan untuk diternakkan menggunakan karamba. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait