Jumat, 29 Maret 2024

DAPAT RUSAK KULIT KEPALA, WASPADAI MINYAK URANG ARING PALSU

Diunggah pada : 20 Januari 2011 12:55:20 6299
thumb

Masyarakat Surabaya diminta mewaspadai dengan beredarnya minyak rambut urang aring palsu, karena dapat merusak kulit kepala. Ini setelah Polisi Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengamankan tersangka pembuat minyak rambut urang aring palsu.
Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Anom Wibowo di Mapolrestabes, Rabu (19/1) malam mengatakan, pihaknya telah mengamankan satu tersangka, JA (38). Mengingat maraknya peredaran minyak rambut urang aring palsu di toko-toko, dan pasar. Minyak yang bermerk Laura ini dinilai palsu karena berbahan paraffin.
Menurut Anom, tersangka telah memproduksi minyak tersebut selama tiga tahun. Saat penggerebekan di kediaman tersangka, Jalan Rangkah VI, polisi langsung meringkusdan beberapa alat bukti minyak urang aring palsu. "Tersangka telah menyalahi izin usaha industri. Tersangka tidak mendaftarkan merk. Mengingat tersangka memproduksi, mengedarkan dan menyimpan hasil industri yang tidak memiliki izin edar dan atau perlindungan konsumen, kita langsung amankan,” paparnya.
Selain tidak memiliki ijin, polisi menahannya dikarenakan produk yang dihasilkan dapat merugikan konsumen. Parafin dinilai sangat berbahaya, karena dapat merusak rambut dan kulit kepala. “Parafin itu biasanya digunakan untuk bahan bakar atau lilin, bukan untuk minyak rambut. Jadi bisa merugikan konsumen,” tegasnya.
Anom menjelaskan,  urang aring yang asli pada umumnya menggunakan ramuan alami urang aring. Sementara JA memalsukan minyak rambut tersebut berbahan minyak parafin, dicampur dengan pewarna dan pewangi. “Dalam pembuatan minyak tersebut, ia mencampurkan 1 liter minyak parafin dicampur dengan 20 cc pewangi,” terangnya..
Selanjutnya, campuran minyak paraffin dengan pewangi tersebut dituang ke dalam tabung gas yang telah diberi selang kecil. Dengan adanya tekanan dari tabung gas, campuran minyak urang aring disalurkan masuk melalui mulut botol yang berdiameter kecil.
Sebelum membuat minyak rambut palsu, JA terlebih dahulu mencari botol-botol bekas di pengepul botol bekas di Jalan Bibis. Setelah mendapatkan ratusan botol bekas, botol kemudian dicuci dan dibersihkan hingga seperti barang baru. Selain minyak rambut urang aring, tersangka juga memproduksi minyak kemiri
Hasil produk minyak rambut palsu itu diedarkan ke kios atau toko kecil di seluruh Surabaya oleh JA sendiri. Harga per lusinnya, JA menjualnya Rp 18 ribu. Dalam satu bulan, biasanya mendapatkan untung Rp 500 ribu. Namun, untung yang didapat dalam satu bulannya, juga tergantung pesanan. (adi)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait