Kamis, 25 April 2024

GUBERNUR LANTIK BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIDOARJO

Diunggah pada : 1 November 2010 15:25:25 38
thumb

Gubernur Jawa Timur Soekarwo secara resmi melantik Saiful Ilah dan MG Hadi Sutipto menjadi Bupati dan Wabup Sidoarjo periode 2010-2015. Pelantikan ini mendapatkan pengaamanan ekstra ketat dari aparat gabungan.
Gubernur Jatim Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo, dalam sambutanya di sela-sela pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo di Gedung DPRD Sidoarjo, Senin (1/11) mengatakan, setelah terpilih menjadi kepala daerah sebaiknya harus ingat akan janji-janjinya kepada rakyatnya. "Jangan sampai sesudah terpilih, malah lupa masyarakat. Igaliternya harus tetap sama, jangan sampai menjauh dari rakyat,' ujarnya.
Dia mengingatkan, kepada Bupati dan wakil Bupati Sidoarjo yang baru ini akan visi dan misinya, yakni mewujudkan masyarakat Sidoarjoyang sejahtera, mandiri. Tentunya dengan mengedepankan kebersamaan, keharmonisan dan keadilan. “Ini yang dinamakan manajemen demokrasi partisipatoris. Artinya, mengajak mereka yang menjadi targetnya (program visi dan misi) yang mau dilibatkan dalam perumusan pembuat kebijakan,” katanya. 
Menurutnya, semakin banyaknya  masyarakat yang dilibatkan dalam mengambil kebijakan, itu bertambah  bagus. 'Memang seharusnya, semua kebijakan harus mengacu pada kemakmuran masyarakat,' tambahnya.
Dari visi dan misi itu, lanjutnya, telah disimpulkan petunjuk pelaksananya (juklaknya) terdapat beberapa poin. Di antaranya, meningkatkan unsur ketatanan kehidupan masyarakat berkepribadian beriman dalam menciptakan kerukunan dan ketertiban. “Kalau saya singkat ini adalah Amanah. Artinya aman, nyaman dan indah,” tuturnya.
Selain itu, kata Pakde karwo upaya dalam memberikan pelayanan tenaga kerja dengan mendukung adanya program prioritas Balai Latihan Kerja (BLK) di Sidoarjo. 'Saya yakin, pasti akan lancar program karena sudah klop antara Bupati Sidoarjo dengan Cak Imin selaku Menakertrans RI,' tuturnya.
Sterilisasi gedung DPRD Sidoarjo yang dijadikan lokasi pelantikan Saiful Ilah dan MG Hadi Sutjipto selaku bupati dan wabup terpilih diberlakukan ketat. Semua tamu hadirin yang hadir, mulai pejabat dan tamu undangan, harus menjalani proses pemeriksaan petugas mulai barang bawaan dan cek bodi. Begitu juga dengan area lokasi pelantikan, dari jarak 200 meter, sudah dilakukan penutupan jalan. Mulai Jalan Sultan Agung depan gedung dewan maupun jalan simpul masuk depan Mayjen Sungkono, juga dilakukan penutupan.
Menurut Wakapolres Sidoarjo Kompol Leo Simarmata, untuk pengamanan ini melibatkan 1.500 personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP. Untuk pasukan Polri ada sekitar 1.000 personel. 'Penutupan sterilisasi area dan lokasi gedung dewan, semata-mata untuk keamanan dan kelancaran pelantikan pemimpin daerah terpilih,' tegas dia.
Pelantikan Saiful Ilah dan MG Hadi Sutipto selaku bupati dan wabup Sidoarjo terpilih periode 2010-2015 selain dihadiri Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar, juga Dewan Suro DPP PKB, KH Aziz Mansyur, Bupati Sidoarjo Win Hendrarso dan Saiful Ilah selaku bupati dan wabup sidoarjo periode 2005-2010. Kehadiran gubernur ini juga didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. (ris, ern)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait