Jumat, 29 Maret 2024

TAHUN 2010, HARI IDUL ADHA DIPERKIRAKAN BEDA

Diunggah pada : 1 November 2010 15:23:47 202
thumb

Waktu perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2010 diperkirakan ada perbedaan. PP Muhammadiyah kemungkinan akan melaksanakannya perayaan qurban pada 16 November, sedangkan pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) pada 17 November.
Koordinator Rukyatulhilal Pengurus Wilayah (PW) NU Jatim, Sholeh Hayat, di Gedung DPRD Jatim, Senin (1/11) mengatakan, perayaan Idul Adha pada tahun ini memang berpotensi terjadi perbedaan. Perbedaan ini karena hitungan para ahli hisab. Mereka (ahli hisab, red) menggunakan dasar kitab-kitab yang biasa dijadikan rujukan hisab untuk menentukan tanggal 1 Zulhijah dan ternyata ada perbedaan.
Sholeh mencontohkan, di kitab Sullamul Nayiren,dari tiga ahli hisab ada satu yang berbeda. Maksudnya, dua memutuskan bahwa Idul Adha jatuh pada 17 November.Hal ini karena 1 Zulhijah jatuh pada 8 November. Sementara yang satu jatuh pada 16 November karena 1 Zulhijah jatuh pada 7 November. 
Menurut Anggota Komisi A DPRD Jatim ini, dalam sistem muwakhib, awal bulan Zulhijah dijelaskan jatuh pada 7 November. Sementara dalam kitab empiris hisab rukyat, dari 7 ahli rukyat yang melakukan penghitungan, tiga ahli menyatakan 1 Zulhijah jatuh pada 7 November dan sisanya pada 8 November.
Selain itu, pada 8 November posisi hilal itu dalam ketinggian antara 1–2 derajat. ”Itu termasuk masih kecil karena standar imkanur rukyat (ambang batas sempurnanya hilal) minimal dua derajat ke atas,” paparnya
             Mengingat masih ada perbedaan dalam penentuan awal Zulhijah, maka adanya perbedaan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha sangat mungkin terjadi. Meski demikian, untuk memastikan Idul Adha, PWNU Jatim akan menerjunkan tim rukyatulhilal di delapan lokasi. Lokasi itu di antaranya Bukit Condro Gresik, Pantai Nambangan Surabaya, Pantai Gebang Bangkalan, Pantai Ngliyep Malang, Pantai Serang Blitar, Pantai Khalbut Situbondo, Pantai Giliketapang Probolinggo, dan Pantai Srau Pacitan. ”Hasil rukyat itu yang nanti menjadi pijakan untuk memastikan waktu pelaksanaan Idul Adha pada tahun ini,” tegasnya.
           Secara berbeda, Sekretaris Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Nadjib Hamid menuturkan, dalam maklumat PP Muhammadiyah No 05/MLM/I.0/E/ 2010 menjelaskan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 7 November. Hal ini dikarenakan pada saat ijtimak 29 Zulkaidah atau 6 November, tinggi hilal pada saat matahari terbenam di Jogjakarta pada posisi satu derajat.”Karena itu,Idul Adha kemungkinan besar jatuh pada 16 November,” ungkapnya.
Di sisi lain, ijtimak yang dilakukan di Tanjung Kodok Lamongan tinggi hilal juga satu derajat. Kedua perhitungan itu yang menegaskan bahwa Idul Adha jatuh pada Selasa, 16 November 2010. (adi)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait