Selasa, 23 April 2024

JATIM KIRIM 59 ORANG IKUTI JAMBORE ASEAN DI SINGAPURA

Diunggah pada : 15 Oktober 2010 14:29:00 126
thumb

Kegiatan Jambore Pramuka tingkat Asia Tenggara dan diikuti 10 negara anggota Asean akan digelar diSingapura pada 4-9 Desember. Untuk memeriahkan acara, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda GP) Jatim pun bersiap mengirimkan 59 orang untuk didelegasikan pada jambore tersebut.
Kepala Bagian Bina Muda Kwarda GP Jatim, Tatik Irawati saat dikonfirmasi, Jumat (15/10) menjelaskan, pelaksanaan jambore baru akan dilangsungkan kurang dari dua bulan lagi. Namun, pihaknya kini telah mempersiapkan 50 orang untuk menjadi peserta jambore dan Sembilan lainnya adalah perwakilan pembina. Peserta yang didaftarkan ini berasal dari perwakilan kwarcab se-Jatim dan juga perwakilan dari kwarda.
Sebelum berangkat, peserta Jatim juga direncanakan akan diberikan pembekalan pada akhir November mendatang. “Melalui pembekalan itu yang meliputi persiapan materi dan fisik peserta ini dilakukan agar lebih maksimal dalam mengikuti serangkaian acara disana,” ujarnya.
Adapun pendaftaran jambore ini berakhir pada 30 September 2010 lalu dan kwarda berhasil mendaftarkan 50 orang peserta dan sembilan orang Pembina. Biaya yang dikeluarkan lebih kurang Rp3.590.000 bagi peserta jamboree. Dari pembayaran itu, peserta memperoleh perlengkapan seragam kontingen, ditambah airport tax, dan pemantapan kontingen di Singapura.
Sedangkan untuk International Service Team (IST) atau pembina dikenakan biaya sebesar Rp 3.130.000. Dari jumlah pembayaran itu, IST juga memperoleh fasilitas yang sama, yakni perlengkapan seragam kontingen, ditambah airport tax dan pemantapan kontingen di Singapura. Untuk pengurusan pembebasan fiskal diharapkan kepada pembina/IST yang berumur 21 tahun keatas agar dapat memiliki NPWP sendiri.
Ia juga mengimbau kwarcab yang akan mengikuti kegiatan ini, agar menyampaikan laporan tertulis ke kwarda yang selanjutnya akan dihimpun daftar peserta dari Riau untuk disampaikan ke Kwartir Nasional di Jakarta.
Gunamemaksimalkan pengiriman delegasi dari Indonesia, Kwarnas juga mengimbau pada Kwarda yang berdekatan dengan Singapura untuk membantu mengurus keberangkatan langsung ke Singapura, hinggasaat tiba di lokasi Jambore pada tanggal 3 Desember 2010 sebelum makan siang di Sarimbun Scout Camp.
Untuk koordinasi Kwarda terdekat dengan Singapura ini telah disampaikan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka secara tertulis yang ditujukan kepada Ketua Kwartir Daerah seluruh Indonesia sehubungan dengan pelaksanaan Jam 100 and 3rd ASEAN Jamboree di Singapura. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait