Kamis, 25 April 2024

Banjir Bandang Wasior PERTAMA, TIM SANTANA JATIM DIRIKAN INTERNET GRATIS

Diunggah pada : 15 Oktober 2010 14:00:20 4
thumb

Relawan asal Jatim di Wasior Papua Barat yang tergabung dalam Tim Santri Tanggap Bencana (Santana) kini berhasil mendirikan fasilitas internet gratis di posko pengungsian Manokwari. Fasilitas internet tersebut hasil kerjasama dengan jaringan LSM internasional Yayasan Air Putih Jakarta.
     Pembina Santana Jatim yang juga Ketua Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK PSM) Jatim, Gus Hafidz saat dihubungi, Jumat (15/10) mengatakan, jaringan internet dengan teknologi Hotspot merupakan satu-satunya yang dimiliki tim posko pengungsian.
Dalam penyediaan layanan tersebut, Yayasan Air Putih Jakarta selaku penyedia akses internetnya, sementara Santana Jatim menjadi operator dan penyedia fasilitas komputer. Dalam waktu dekat, tim juga akan mengirimkan beberapa unit komputer dari Jatim agar lebih banyak pengungsi yang bisa memanfaatkannya.
 Dengan fasilitas tersebut, dalam dua minggu ke depan masyarakat dunia bisa berbicara langsung dengan pengungsi Wasior, baik anak-anak maupun wanita. Mereka kini mulai mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi tersebut dengan memberikan training dan pendampingan oleh tim Santana.
Dipilihnya layanan internet, karena Santana ingin melaporkan pada masyarakat internasional dengan informasi yang riil dan otentik atas kondisi pengungsi. Harapannya, kondisi pengungsi tidak bisa dimanipulasi oleh siapapun, sehingga bantuan bisa tepat sasaran dan terus mengalir.
Setelah menyelesaikan penyediaan layanan internet, rencananya Santana akan memberikan training e-bisnis bagi pengungsi. Training juga diharapkan dapat membangkitkan semangat pengungsi, sehingga mereka terhindar dari trauma berkepanjangan akibat bencana banjir.
Sebagaimana tekah diberitakan, sejak Selasa (12/10) relawan Santana Jatim bertolak ke Wasior. Dalam setiap kali mengirimkan relawan ke lokasi bencana, Santana juga mengirimkan tim medis. Tim ini memiliki anggota tetap lima orang yang terdiri dari 1 dokter umum dan 4 perawat (2 laki-laki dan 2 perempuan).
Layanan yang diberikan adalah pertolongan medis gawat darurat, pembagian obat/vitamin dan pencegahan penyakit melalui penyuluhan.  Materi penyuluhan terkait dengan situasi/kondisi kedaruratan seperti kesehatan reproduksi, sanitasi, dan kebersihan badan.
    Santana juga membuka posko bantuan bagi korban banjir bandang Wasior.. Masyarakat bisa menyalurkan bantuan di Yayasan Ponpes Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Jl. Raya Desa Turi 61 RT/RW 01 Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Telpon: +62-322-324471 atau di nomor rekening BRI: 0041.01.014054, BNI: 0044.533.040, Mandiri: 140.00.044.7484-8 yang semuanya atas nama Yayasan SPMAA Cabang Lamongan. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait