Jumat, 19 April 2024

MAHASISWA INFORMATIKA ITS CIPTAKAN GAME PERJUANGAN

Diunggah pada : 1 Oktober 2010 15:32:18 9
thumb

Mahasiswa Informatika ITS kembali menunjukkan karyanya dengan membuat game edukasi yang bertema perjuangan. Game yang diberi nama P10NER (Pertempuran 10 November) Arek Suroboyo ini syarat dengan moment Historical di dalamnya, ditampilkan dalam bentuk video, suasana perang dan alur cerita yang sengaja dibuat untuk menimbulkan kesan sekaligus semangat perjuangan saat itu.
Mahasiswa informatika angkatan 2009 yang juga salah satu Developer sekaligus programmer game yang bergenre First Person Shooter, Felix Handani, mengatakan, alasan game ini dibuat awalnya hanya sebagai pengisi waktu luang liburan. Selain itu untuk mengingatkan kembali sejarah pertempuran 10 November. “Melalui game ini semoga mampu memberikan pengaruh positif, yaitu menanamkan dan mengenalkan semangat kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pengguna atau user” tambahnya.
Design Tema game, Yustiana Triwahyuni, menambahkan penjelasan tentang pembuatan game. Seperti pengisisan video pertempuran 10 November yang didapat dari internet membutuhkan proses panjang karena terkendala oleh keterbatasan alat, juga masalah dubbing vocal yang terus mengalami perbaikan suara.
Pembimbing tim Developer game P10NIR, Imam Kuswardayan SKom MT, menjelaskan, game tidak selalu berpengaruh buruk atau negatif, khususnya bila game bergenre edukasi yang secara tidak langsung dan tidak sadar telah mengajarkan poin positif oleh para penggunanya. “Edukasi sangat baik jika disajikan dalam bentuk permainan” tegasnya.
Game ini didalamnya terdapat peristiwa bersejarah pada tahun 1945 di Surabaya mulai dari perebutan bendera hotel Oranye atau Yamato,   terbunuhnya jendral Mallaby, pertempuran 3 hari hingga pertempuran yang paling dahsyat pada tanggal 10 Nopember 1945 di Jembatan Merah. Rencananya game ini akan diikutkan dalam pameran dan lomba GEMASTIK 2010 pada hari Rabu - Kamis tanggal 6 - 7 Oktober 2010 di gedung Robotika ITS. (sti)        

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait