Sabtu, 20 April 2024

DUA PULUH TAHUN KERJASAMA JATIM- AUSTRALIA DIPERINGATI

Diunggah pada : 1 Oktober 2010 14:39:10 8
thumb

Pemerintah Provinsi Jatim akan menggelar peringatan 20 tahun kerjasama antara Jawa Timur dengan  Pemerintah Negara Bagian Australia Barat  di Gedung Negara Grahadi. Perayaan akan dilaksanakan pada Senin (4/10)..
 “Perayaan 20 tahun kerjasama ini, Gubernur Australia Barat, Dr Kenneth Comninos Michael akan hadir beserta lima anggota parlemen Negara tersebut. Rombongan akan dihibur berbagai kesenian khas Jawa Timur maupun pegelaran singkat  wayang kulit dengan dalang warga negara Australia,” kata Drs Benny Sampirwanto MSi, Kabag Kerjasama Luar Negeri Biro Kerjasama Setdaprov Jatim.
Hubungan ekonomi Jatim dengan Australia sudah terjalin lama. Untuk itu, selayaknya hubungan dunia pendidikan dan pertanian dapat dilakukan dengan lebih erat lagi. Selain bidang pertanian dan industri dagang, Jatim juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata maupun investasi bagi Australia.   
Kerjasama sister state – province antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Negara Bagian Australia Barat telah dimulai sejak tahun 1990. Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan pertama ditandatangani pada tahun 1990. MoU tersebut tiap lima tahun senantiasa diperpanjang dan diperbaharui sesuai dengan perkembangan.   
Lebih lanjut disampaikan Benny, dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kerjasama antara Jatim dengan Australia Barat telah meningkat menjadi hubungan dagang yang melibatkan petani dan peternak dibeberapa daerah di Jawa Timur serta hubungan antar masyarakat (people to people contact), sehingga memerlukan adanya perpanjangan MoU lagi untuk mewadahi kegiatan-kegiatan masyarakat dimaksud.
Lima tahun terakhir ini, di Jawa Timur telah banyak dikembangkan produk-produk pertanianan dan peternakan serta pemanfaatan diary equipmen (peralatan pemerah dan pengolah susu sapi) dari hasil kerjasama bisnis antara beberapa koperasi dan perusahaan swasta di Jawa Timur dengan perusahaan swasta di Australia Barat.
    Menurutnya, dalam penilaian warga Australia, Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang lebih baik dibanding provinsi lain di Indonesia. Ini  karena, masyarakatnya menghormati perbedaan dan melaksanakan politik dengan baik.
    Hal ini terbukti, hubungan kedua belah pihak terus berjalan dengan baik dan berkembang dengan baik pula. Di dunia pendidikan, Australia dan Jawa Timur telah melakukan berbagai langkah positif bagi kedua belah pihak. Salah satunya, tukar menukar pelajar, kerjasama tenaga pengajar, serta tetap terjalinnya hubungan baik antar alumni lulusan Australia dan Jawa Timur.
    ”Saat ini, ada seribu pemuda Jawa Timur yang sekolah di Universitas Australia. Begitupun sebaliknya, pemuda Australia banyak yang menempuh pendidikan di Jawa Timur. Ini suatu hal yang harus dipertahankan,” ujarnya.
     Menurut dia, hasil kerjasama yang telah terjalin itu telah memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat peternak, di antaranya keberaadaan industri pengolah susu  telah meningkatkan pendapatan para peternak di Jatim.
Kerjasama yang telah terjalin selama ini, katanya, juga akan dilanjutkan dan ditingkatkan lagi mencakup pertanian lebih luas. Tidak saja bidang peternakan, tapi juga berbagai bidang pertanian yang lain, seperti hortikultural. (sar)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait