Kamis, 28 Maret 2024

GEMPA 5,7 SR TERJADI DI 320 KM BARAT DAYA NUSADUA-BALI

Diunggah pada : 1 Oktober 2010 14:24:21 1
thumb

Gempa dengan kekuatan 5,7 Skala Richter (SR) dengan lokasi 11,23 Lintang Selatan dan 113,66 Bujur timur atau 320 km baratdaya Nusadua-Bali dengan kedalaman 10 km yang terjadi hari ini Jumat (1/9) sekitar pukul 08.24.
    Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tretes, Petrus, pada JNR, Jumat (1/9) mengatakan, meski gempa ini tidak berpotensi tsunami namun masyarakat disarankan untuk lebih waspada akan gempa susulan.
    Dikatakannya, guncangan gempa tersebut dirasakan di Denpasar, Badung hingga Banyuwangi, “Guncangan memang lebih terasa di kawasan wisata Nusa Dua tetapi tidak terlalu meresahkan,” katanya.
Sampai saat ini, belum ada laporan apakah ada korban kerusakan material atau manusia akibat gempa tersebut, namun masyarakat Denpasar umumnya kurang merasakan adanya gempa tersebut.
Sebelumnya Nusadua-Bali juga terjadi gempa berkekuatan 6,6 SR, Jumat (12/2) pukul 01.43, namun saat itu terjadi gempa susulan hingga 5 kali, gempa susulan dengan kisaran kekuatan 3 sampai 4 SR.
Menurutnya, gempa susulan adalah hal yang biasa terjadi setelah gempa utama, namun biasanya disusul dengan magnitude yang lebih kecil. Gempa ini diindikasikan, luas patahan yang terjadi dari gempa tidak terlalu luas. Hal inilah menyebabkan gempa berkekutan besar, dangkal, namun tidak membuat porak poranda.(ern)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait