Kamis, 25 April 2024

TAHUN DEPAN, RUSUNAWA UNAIR DIOPERASIKAN

Diunggah pada : 24 September 2010 15:27:13 47
thumb

Tahun depan, Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) untuk mahasiswa di Universitas Airlangga (unair) Surabaya akan selesai dioperasikan. Rusunawa ini berlokasi di dekat Fakultas Kedokteran Hewan Jl Mulyorejo Surabaya.
“Rusunawa ini nantinya akan difungsikan untuk para mahasiswa dengan biaya sewa ringan dengan jangka waktu setahun. Selain itu, kondisi rusunawa saat ini memang sudah jadi. Hanya tinggal pengadaan barang seperti, bed, lemari, dan meja. Anggaran untuk pengadaan barang tersebut kini masih diajukan,” ujar Direktur Sumber Daya Unair, Prof Dr Fendy Suhariadi MT di Surabaya, Jumat (24/9).
Pembangunan rusunawa setinggi empat lantai dengan kapasitas sekitar 200 mahasiswa ini menelan biaya Rp 10 miliar. Nantinya, Rusunawa yang dibangun dengan 98 kamar ini akan diisi empat mahasiswa setiap kamarnya dengan 2 bed bertingkat dan meja belajar. "Harga sewa pasti lebih murah daripada menyewa kost di luar," katanya
Hal ini karena pengoperasian rusunawa Unair ini tidak mementingkan segi komersial. Namun untuk menutupi biaya operasional, di lantai 1 akan disewakan untuk perkantoran seperti bank, minimarket dan kantin.
Tak bisa sembarangan untuk bisa menempati rusunawa ini, karena akan dilakukan skala prioritas. Menurut Fendi, yang diprioritaskan adalah mahasiswa baru dan dilakukan secara bergilir.
“Karena daya tampung yang terbatas, mahasiswa akan bergiliran menempati rusunawa. Selain itu, mereka juga bisa menempati asrama mahasiswa yang berlokasi di Kampus C Unair,” tuturnya.
Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan, Prof Dr Imam Mustofa drh MKes berharap mahasiswa dari keluarga tidak mampu lebih diprioritaskan menempati rusunawa. Hanya, hingga saat ini belum ada pembicaraan yang mengarah ke sana. “Kami akan upayakan agar mahasiswa baru dari keluarga tidak mampu bisa menempati rusunawa sebelum mendapatkan tempat kos yang layak sesuai kemampuan finansial,” kata Imam.(dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait