Kamis, 28 Maret 2024

UNAIR MASUK 500 UNIVESITAS TERBAIK DI DUNIA

Diunggah pada : 24 September 2010 15:21:59 1
thumb

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menjaga posisinya di peringkat 500 universitas terbaik di dunia. Unair menempati peringkat 451-500. Demikian daftar yang dirilis QS World University Ranking, lembaga pemeringkat universitas dunia yang berpusat di London, Inggris.
Rektor Unair, Prof Dr Fasich Apt, di Surabaya, Jumat (24/9), menyampaikan rasa syukur terhadap pencapaian prestasi yang di raih Unair tersebut. Menurut dia, semua prestasi yang diraih Unair adalah buah kerja keras seluruh sivitas akademika. “Prestasi ini merupakan suatu bentuk pengakuan dunia internasional yang patut dibanggakan,”katanya.
Menurut Fasich, pengakuan internasional (international recognition) adalah suatu hal yang perlu diraih sebuah lembaga PT untuk mengantisipasi permasalahan dan kebutuhan pada pasar global saat ini.
Sementara itu, Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Unair, Tjitjik Srie Tjahjandarie PhD, mengatakan, peringkat atau ranking bukanlah tujuan akhir yang ingin diraih Unair. Ranking yang didapat Unair ini merupakan dampak positif dari perbaikan mutu dan perjalanan menuju excellency yang selalu dikejar kampus di Surabaya Timur.
Ia menjelaskan, faktor pendukung keberhasilan Unair menjaga peringkat 500 besar dunia, kata Tjitjik, adalah banyaknya publikasi ilmiah yang telah dikeluarkan Unair. Selain di publikasikan, tulisan ilmiah tersebut juga menjadi rujukan peneliti dari luar negeri.
Selain itu, kerjasama internasional, pembukaan kelas internasional, dan pertukaran pelajar asing yang sedang digiatkan oleh Unair pada tahun ini mampu mendongkrak nilai Unair. Tjitjik berani menjamin hingga 2012, peringkat Unair di daftar 500 universitas terbaik dunia masih akan tetap aman. Ini karena Unair telah memiliki banyak investasi diinfrastruktur pendidikan dan riset. Seperti dibangunnya RS Tropik Infeksi, penelitian dan publikasi ilmiah mengenai flu burung, hak paten produk,dan berbagai penelitian unggulan lainnya.
Data yang ada untuk penilaian peringkat pun masih terkelola dengan baik hingga tahun 2011.Selain itu, BPP juga sudah menyiapkan strategi untuk terus mendorong peningkatanmutu Unair.Hal yang perlu mendapat perhatian Unair dalam penilaian tahun ini adalah fasilitas mahasiswa.

FKH Buka Kelas Internasional
Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair akan membuka kelas internasional pada akhir tahun 2010 ini. Hal itu diungkapkan dekan FKH Unair Surabaya, Prof drh Hj Romziah Sidik PhD.
"Upaya internasionalisasi akan kami wujudkan dengan sejumlah langkah, seperti meningkatkan jumlah publikasi internasional dan membangun model kelas internasional yang ada di FKH," katanya.
Untuk meningkatkan publikasi internasional, FKH akan bergabung dalam komisi jurnal bekerja sama dengan sejumlah pihak. kelas internasional ini, ruangnya kelas akan diubah tata desainnya mengikuti standar internasional dengan bangku model teater.
Kelas internasional itu, kata Romziah, diperkirakan tuntas pada akhir tahun 2010 ini, sekaligus penguatan infrastruktur kampus tersebut, terutama infrastruktur yang berkaitan dengan akses komunikasi dan informasi. "Kalau perlu, kita bisa terus berkomunikasi dengan dunia luar selama 24 jam," katanya.(dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait