Kamis, 25 April 2024

PEMONDOKAN HAJI, 60 PERSEN CJH INDONESIA DI RING SATU

Diunggah pada : 23 September 2010 14:37:05 4
thumb

Pemondokan jamaah haji tahun ini, sebesar 60 persen jamaah haji Indonesia berada di ring satu dari 224.250 calon jamaah haji seluruh Indonesia. Sedangkan sisanya, sebanyak 39,01 persen berada di ring dua.
Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Prov Jatim, Dr Fachul Arief di Kantornya, Kamis (23/9) mengatakan, ini merupakan sebuah kemajuan yang ditunjukkan oleh pemerintah dengan menempatkan jamaah haji paling jauh 4 km dari Masjidil Haram. Untuk jarak di ring satu maksimal 2 km dan ring dua maksimal 4 km. Sedangkan di Arab Saudi ada enam ring yang masing ring jaraknya sekitar 2 km.
Tahun lalu, pemondokan jamaah haji Indonesia 37 persen ada di ring satu dan sisanya ada di ring dua. Ini berbanding terbalik dengan tahun lalu. Biaya untuk pemondokan tahun ini rata-rata sebesar 3.000 real untuk di ring satu.
Jamaah haji setiap akan memasuki pemondokan dapat melihat harga sewa kamar yang ditempatinya. Sebab dengan melihat harga kamar itu, apabila harganya di bawah harga rata-rata sebesar 3.000 real, maka bisa meminta kembalian. Apabila harganya lebih tinggi dari 3.000 real maka menjadi tanggungjawab pemerintah. Uang pengembalian akan diberikan pada ketua regu, kemudian ketua regu yang akan membagi pada masing-masing jamaah.
Tahun ini, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) turun bila dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 500 ribu. Ini merupakan kemajuan bila dibandingkan dengan tahun lalu, sebab BPIH tahun ini turun. Biaya penyelenggaraan ibadah tahun ini sebesar 33.432 dollar AS atau setara dengan Rp 31-33 juta.
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Kanwil Kemenag Prov Jatim) pada Sabtu 25 September, akan melantik Panitia Penyelenggara ibadah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Setelah pelantikan, PPIH Asrama Haji Sukolilo bersiap menerima calon jamaah haji. Beberapa panitia yang dilantik, diantaranya panitia penerimaan dan pemberangkatan, akomodasi dan konsumsi, dokumentasi, pembinaan jamaah dan petugas, penerbangan dan imigrasi. (oby)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait