Jumat, 29 Maret 2024

HASIL PERTANIAN PADI BOJONEGORO LEBIHI TARGET

Diunggah pada : 18 September 2010 10:07:01 18
thumb

    Hasil produksi tanaman padi diseluruh areal tanaman padi di wilayah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2010 ini melebihi target, yakni diperkirakan mencapai 1,2 juta ton. Sementara target yang ditentukan yakni mencapai700 ribu ton.
Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro, Subekti, melalui Humas pemkab, Kamis (16/9) mengatakan,pada musim tanam 2010 ini luas areal tanaman padi mencapai 124 ribu hektar. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 116 ribu hektar. Sedangkan pada tahun 2008 lalu areal tanaman padi di Kabupaten Bojonegoro mencapai 110 hektar. Menurut Subekti, peningkatan produksi tanaman padi dan jumlah areal tanaman padi ini karena banyak sawah yang memanfaatkan pengairan dengan system pompa air tanah. Semula target produksi tanaman padi ditahun ini sebesar 6,8 ton gabah kering sawah per hektar. Namun sampai dengan Bulan September ini luas areal sudah mencapai 140 ribu hektar. Sehingga membuat produksi tanaman padi Bojonegoro akan mengalami peningkatan.
Masih ditempat yang sama Subekti menjelaslan target produksi meningkat dibandingkan dengan musim panen di tahun-tahun sebelumnya yang hanya berkisar 6,5 ton Gabah Kering Sawah (GKS) per hektar. Sehingga akhir tahun ini jika panen berhasil maka produksi padi Bojonegoro bias mencapai 1,2 juta ton. Ditambahkan sampai dengan saat ini untuk ketersediaan air di Waduk Pacal dan Bengawan Solo sangat melimpah sehingga memberikan kontribusi pengairan untuk sawah-sawah.(sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait